Riwayat singkat organisasi kriminal TRIAD

www.societies.blogspot.com

      TRIAD adalah organisasi kriminal yang punya akar sejarah yang sangat tua. Disinyalir merek sudah ada sejak awal millenium pertama yang lalu atau tahun 1000 M di China. Pada awalnya saat itu mereka adalah sekelompok masyarakat rahasia yang bersatu untuk memberi perlindungan dari gangguan para penjahat. Mereka berasal dari beberapa anggota masyarakat itu sendiri, menurut legenda rakyat China, TRIAD didirikan oleh para bhiksu dan biarawan yang berkomitmen untuk memerangi ketidak adilan. Dalam film-film silat mandarin sering disebut istilah Shaolin yaitu para bhiksu yang pandai bermain kungfu dan selalu memerangi kejahatan.
Seiring berputarnya waktu kelompok-kelompok ini menjadi sangat kuat dalam konstelasi politis. Kelompok cikal bakal TRIAD ini punya peranan yang lumayan bisa dikatakan menentukan dalam sejarah percaturan politik di China. sebagai contoh, kelompok ini mampu memberi tekanan kepada seorang Kaisar China untuk lengser atau sebaliknya dengan memberi dukungan kepada Kaisar yang sedang berkuasa, jika mereka mau.

     TRIAD yang berkembang pesat pada abad delapan belas mempunyai perbedaan arah perjuangan. Mereka mengubah sasaran dengan menggantungkan diri pada kerjasama dengan orang-orang luar, terutama adalah pada para pedagang opium atau candu. Mereka menjadi perantara masuknya opium dari Indochina yang dibawa oleh orang Perancis memasuki kehidupan masyarakat China.

       Pada masa Dinasti Qing saat pemerintahan Kaisar Manchu, mereka beroperasi secara rahasia sebagai perkumpulan yang menentang kebijakan Kaisar Manchu. Oleh Kaisar Manchu mereka sering dianggap sebagai bagian dari suku Han yang berperilaku barbar. Selanjutnya kelompok ini menginginkan agar Kaisar Manchu turun dari tahta. Posisi mereka saat itu adalah memberi dukungan kepada keturunan Dinasti Ming ang ingin merebut kekuasaan kembali. Dari sinilah para sejarawan mempercayai peran TRIAD dalam kejatuhan Kaisar Manchu pada tahun 1911.

      TRIAD berkembang pesat dalam tahun 1920-an, 1930-an dan 1940-an, khususnya dalam gerakan bawah tanah kota Shanghai. Dimana pada masa kejayaannya green gang yang berbasis di Shanghai ini mempunyai seratus ribu anggota. Mereka juga punya hubungan yang erat dengan Partai Kuo Min Tang pimpinan Chiang Kai Shek. Mereka acap kali menyerang para jurnalis yang terlalu keras mengkritisi kebijakan Partai Kuo Min Tang.
Du-Yeusheng

       Salah satu tokoh TRIAD di Shanghai waktu itu, Du Yue Sheng, seorang mantan pedagang ubi manis yang berputar haluan menjadi polisi yang mengumpulkan upeti dari para pedagang candu lokal. Kemudian Du masuk lebih dalam ke dunia kriminal menjadi kepala geng yang mempunyai kendali dalam perdagangan opium atau candu di Shanghai yang mencapai nilai $20 juta per tahun saat itu. Sebagai polisi yang mempunyai kewenangan semacam bea cukai dalam pengiriman dan perdagangan opium agar berjalan tanpa hambatan. Pada tahun 1930-an itulah Du dipercaya oleh Chiang Kai Shek menjadi kepala "Biro Pemberantasan Opium" di Shanghai. Du Yue Sheng pun muncul menjadi orang kaya baru yang tinggal didalam rumah mewah yang penuh dengan perangkap rahasia. Serta mempunyai sebuah pintu rahasia yang bisa digunakan untuk melarikan diri dalam keadaan genting.

        Banyak anggota gangster yang membantu Partai Kuo Min Tang dalam perlawanan melawan Jepang selama perang dunia II. Sebagian anggota gangster ini lari ke desa-desa dan menjadi geng kriminal yang meresahkan penduduk desa setelah Partai Komunis mengambil llih pemerintahan China pada tahun 1949. Mao Ze Dong dengan cepat membasmi kekuasaan TRIAD di China. Sebagian lainnya berhasil melarikan diri ke Macau, Hong Kong dan Taiwan (waktu itu masih bernama pulau Formosa). Ada juga anggota TRIAD yang kabur keluar negeri diantaranya ke Amerika Serikat dan Eropa.

        Pengaruh organisasi TRIAD dalam perekonomian China sangat kuat, meskipun ekonomi China mulai melambat perkembangannya. Dipercaya mereka bertahan dalam kondisi tersebut bahkan penghasilan TRIAD malah mengalami peningkatan. Geng kriminal TRIAD dapat ditemui dibanyak tempat di kota-kota besar China seperti, Shanghai, Tian Jin, Shen Yang, GuangZhou serta Hong Kong.
sumber factanddetails
Riwayat singkat organisasi kriminal TRIAD Riwayat singkat organisasi kriminal TRIAD Reviewed by TABUH GONG on 09:56:00 Rating: 5

14 comments:

  1. waduh kriminal yang terorganisir macam ini lebih sulit di berantas follow 91 succes ditunggu fol backnya

    ReplyDelete
  2. TRIAD yg sering di filmkan itu ya? Mirip-mirip dengan mafia yg di Italia juga sistem organisasinya. Hebatnya TRIAD/mafioso..mereka solid banget tuh

    ReplyDelete
  3. Sempat salah sangka ini soal T.R.I.A.D. Alias The Rock Indonesia Ahmad dhani.

    hehehe ^^

    nice info!

    ReplyDelete
  4. triad itu ternyata konotasinya negatif ya. lalu kenapa si ahmad dani make nama ini ya?

    ReplyDelete
  5. Ahmad Dani itu memanfaatkan ketenaran nama TRIAD..

    ReplyDelete
  6. Gang ini sudah merambah ke beberapa negara, kalau tidak salah pendapat saya.

    ReplyDelete
  7. sobb mohon di update ya link ane
    di http://www.zvelite.com/2012/11/tukar-link.html

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.