Menghindari kejahatan waktu mudik


Lain dari biasanya kali ini saya kepingin bercerita, atau tepatnya membahas, tentang antisipasi kejahatan pada waktu mudik. Seperti tahun yang sudah sudah setiap menjelang lebaran di negara kita, khususnya pihak pihak yang berwenang disibukkan dengan budaya mudik. Setelah sekian lama berada jauh dalam perantauan, entah itu sedang menuntut ilmu di kota lain, atau sedang mencari nafkah alias bekerja mencari penghidupan yang lebih baik. Atau pula sekedar bersilaturahmi mengunjungi orang tua dan sanak saudara. Waktu yang paling tepat adalah saat lebaran tiba, dimana semua bisa berkumpul. Sebenarnya untuk bersilaturahmi pada kesempatan lain pun bisa, namun inilah budaya negeri kita budaya mudik.

Pada waktu yang bersamaan itulah, dimana jutaan orang melaksanakan budaya mudik. Berbondong bondong para pemudik meninggalkan rumah, kost kostan dan mengambil cuti tambahan agar bisa mudik. Mereka akan membawa cerita tentang kehidupan dan kesuksesan di perantauan kepada semua orang di kampung halamannya. Mungkin juga membawa serta banyak uang untuk dibelanjakan dan dibagikan kepada sanak saudara.

Pada kesempatan ini biasanya muncul kejahatan terhadap para pemudik. Terutama pada moda angkutan umum seperti bus, kereta api, dan kapal laut. Kejahatan biasanya terjadi di terminal saat para pemudik menanti jadwal pemberangkatan ke kota tujuan. Pada saat mereka duduk di peron, namun bisa saja terjadi di dalam bus atau kereta api. Bermacam modus yang digunakan para penjahat, mulai gendam, hipnotis, pembiusan, pencopetan dan penjambretan.

Pelaku kejahatan dalam melakukan aksinya, selalu berpenampilan seperti para pemudik biasa, bisa sendiri atau bekerja sama dengan rekannya. Mereka mengincar korban para pemudik yang sedang sendirian atau sedang berpikiran kosong, dalam artian tak memperdulikan keadaan sekitarnya. Maka berhati hatilah jika anda seorang pemudik dan tetaplah waspada.

Beberapa jenis kejahatan yang umum terjadi dan perlu diwaspadai para pemudik adalah diantaranya :
    GENDAM : berupa ilmu pemahaman terhadap diri, bisa disebut juga hipnotis, namun digunakan untuk kejahatan. Biasanya kejahatan ini dilakukan lewat perbincangan, pelaku kejahatan sendirian maupun dengan rekannya, mendekati korban yang tanpa curiga dan mungkin sedang melamun, diajak ngobrol. Pelaku kejahatan gendam seperti ini selalu mendominasi pembicaraan dan mengontrol arah pembicaraan, selama itu pulalah pelaku gendam meluncurkan trik triknya. Dengan sentuhan di tangan misal bersalaman, maupun melalui tepukan di pundak atau punggung (biasanya korban sedang berjalan, lalu ditepuk dari belakang oleh pelaku gendam). Waspadalah !!
    PEMBIUSAN : Kejahatan ini dilakukan terhadap pemudik yang terlihat lemah, kelihatan pemalu dan penakut. Atau pemudik yang sedang sendirian, pelaku akan berpura pura mendatangi korban bercakap dan menawarkan sesuatu berupa makanan, minuman kemasan, bisa juga menawarkan sapu tangan atau tissue yang sudah diberi obat bius. Dan kalau korban tak mau menerima pelaku kejahatan ini akan sedikit memaksa, dengan rayuan. Waspadalah !!
    PENJAMBRETAN : Pelaku penjambretan biasanya mengawasi korban dari jauh, tentu si korban adalah pemudik yang membawa barang yang dipakai misal perhiasan, tas (terutama wanita), handphone yang sering digenggam. Setelah mendapat target, pelaku penjambretan mendekati korban lalu merebut barang bawaan dan melarikan diri. Di tempat lain seorang temannya sudah menunggu dengan sepeda motor yang siap lari. Waspadalah !!
    PENCOPETAN : Kasus pencopetan terjadi hampir mirip dengan penjambretan, tapi pelaku yang bisa saja lebih dari satu orang, melakukan aksi dari jarak dekat. Saat para pemudik berdesak desakan dalam kerumunan tersebut pencopet beraksi mengambil dompet atau handphone korban. Waspadalah !!
Tips menghindari kejahatan waktu mudik

1. Waktu di Terminal
    Jangan membawa barang terlalu banyak secukupnya saja.
    Waspadalah terhadap orang yang baru anda kenal atau orang disebelah anda, kecuali sudah kenal
    Jangan pernah mau menerima pemberian makanan, minuman, saputangan ataupun tisue dari seorang yang belum anda kenal. Apalagi memakai atau mengkonsumsinya.
    Tetaplah fokus pada tujuan anda dan perhatikan keadaan disekeliling anda, jangan melamun.
    Simpanlah dompet ditempat tersembunyi, bila perlu sisihkan sedikit uang dibeberapa saku anda.
    Kalau membawa handphone sebaiknya yang jadul saja, atau perhiasan dan jam tangan murahan saja yang dipakai.

2. Saat berada didalam bus, kereta api.

    Tempatkanlah barang bawaan anda pada tempat yang tersedia, tas sebaiknya anda kenakan.
    Pastikan teman anda punya tujuan kota yang sama, terutama jika mudik sendirian
    Bagi yang mudik bareng sama teman dan keluarga, usahakan untuk membuat jadwal jaga. Bergantian saat buang air atau saat tidur.
    Sebagai tambahan, cobalah mengenali wajah dan warna pakaian dari orang disekitar, ini akan berguna saat penyelidikan polisi. Cepat laporkan bila terjadi kejahatan terhadap anda maupun orang disekitar anda? Telepon nomor 110.
Demikianlah sedikit tips dan informasi mengenai antisipasi terhadap kejahatan waktu mudik. Semoga bermanfaat bagi pembaca dan selamat sampai tujuan.
dari berbagai sumber.
Menghindari kejahatan waktu mudik Menghindari kejahatan waktu mudik Reviewed by TABUH GONG on 03:03:00 Rating: 5

26 comments:

  1. tips yang sederhana namum bermanfaat untuk menghindari kejahatan diwaktu mudik sobat...

    ReplyDelete
  2. pembiusan yang sangat marak terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di deket rumah ane juga sering kejadian tuh

      Delete
  3. tipnya berguna sekali sob semoga yan pada mudik selamat lahir batin sampai pulang kembali kerumahnya

    ReplyDelete
  4. Wah, mesti berhati-hati nih. Ikutan tipsnya juga woke tuk meminimalisir kejahatan saat mudik

    ReplyDelete
  5. sudah 4 tahun ga mudik... dan untuk yang mudik mudah2n bisa di coba tipsnya dari agan tabunhgong nih :)

    ReplyDelete
  6. iyaa gan,, itulah ya resiko mudik yang tidak diinginkan.. banyak sangat. tapi Insya Allah daerah ane masih aman dan kalo ada pun masih kecil. jadi ngeri juga kalo mudik sendiri. baiknya berkelompok ya :D

    ReplyDelete
  7. benar sekali sahabatku, saya setuju, memang harus begitu..
    Terima kasih atas sarannya ya sahabatku..
    salam

    ReplyDelete
  8. Gendam dan pembiusan cara halus yang perlu diwaspadai,karena kadang kita lengah terhadap 2 hal diatas karena caranya "halus".
    Nice share sop,thanks telah berbagi.
    Happy weekend and happy blogging.

    ReplyDelete
  9. Artikelnya sangat bermanfaat Sob...
    Thanks sudah berbagi... :)

    ReplyDelete
  10. teko meneh iki sob...
    Neng ndi iki wonge kok ilang...wis okeh sing komentar kok gak di jawab...
    piye iki...)

    ReplyDelete
  11. 1. Demi membawa barang secukupnya saat mudik lebaran, makanya oleh-oleh utk lebaran saya kirim via ekspedisi deh

    2. Saat di bis, tas yg berisi dompet CS harus ekstra ketat, dompet disamarkan lokasinya karena copet semakin lihai utk 'mengambil' saat sedikit saja kita lengah #pengalaman pribadi

    ReplyDelete
  12. saya mah kagak mudikk :D ckckckk xixixi...

    ReplyDelete
  13. mampir lagi sobat untuk menyambung silahturahmi di blog sobat...

    ReplyDelete
  14. INI JAWABANNYA DIRAPEL, UNTUK SEMUA SAYA UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN KOMENTARNYA YANG PENUH ANTUSIAS.
    MOHON MAAF KARENA SAYA TIDAK MENANGGAPI KOMENTAR SOBAT SEMUA SATU SATU, GAK ADA APA APA SIH CUMAN LAGI BANYAK KESIBUKAN, JADI TERPAKSA HARUS MENGORBANKAN BEBERAPA HAL. TERIMA KASIH SEKALI LAGI,
    SALAM BLOGGER !!

    ReplyDelete
  15. INI JAWABANNYA DIRAPEL, UNTUK SEMUA SAYA UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN KOMENTARNYA YANG PENUH ANTUSIAS.
    MOHON MAAF KARENA SAYA TIDAK MENANGGAPI KOMENTAR SOBAT SEMUA SATU SATU, GAK ADA APA APA SIH CUMAN LAGI BANYAK KESIBUKAN, JADI TERPAKSA HARUS MENGORBANKAN BEBERAPA HAL. TERIMA KASIH SEKALI LAGI,
    SALAM BLOGGER !!

    ReplyDelete
  16. INI JAWABANNYA DIRAPEL, UNTUK SEMUA SAYA UCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN KOMENTARNYA YANG PENUH ANTUSIAS.
    MOHON MAAF KARENA SAYA TIDAK MENANGGAPI KOMENTAR SOBAT SEMUA SATU SATU, GAK ADA APA APA SIH CUMAN LAGI BANYAK KESIBUKAN, JADI TERPAKSA HARUS MENGORBANKAN BEBERAPA HAL. TERIMA KASIH SEKALI LAGI,
    SALAM BLOGGER !!

    ReplyDelete
  17. Sangat Berguna dan Bermanfaat Sobat. Salam.

    ReplyDelete
  18. Thank's infonya ya sob,..
    Salam kenal aja,..
    :)

    ReplyDelete
  19. kunjungan balik gan, follow back sukses di no 48

    ReplyDelete
  20. di mana ada keramaian dan kesempatan, di situ ada kejahatan. tapi waktu mudik juga perlu menghindari kecelakaan mas.

    ReplyDelete
  21. yang mau mudik lebaran saya ucapkan hati-hati diperjalanan semoga samapi tujuan dengan selamat...

    ReplyDelete
  22. kembali hadir di malam hari

    ReplyDelete
  23. tips yang seharusnya diperhatikan bagi yang bersiap mudik, untuk keselamatan sampau tujuan...

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.