AL CAPONE sejarah singkat (25)

Plea Bargain
Agen Dinas Pajak Frank Wison

     BAkhirnya misi pemerintah Amerika mendekati hasil yang nytat pada awal musim semi 1931. Menghadapi enam tahun dengan keterbatasan bukti-bukti pada UU sebelumnya, pemerintah harus mencatat bukti dari tahun 1924 sebelum 15 maret 1931. Beberapa hari menjelang deadline, pada 13 maret, seorang juri utama dari pemerintah secara rahasia. Ia mengatakan bahwa tahun 1924 Al Capone telah menggelapkan pajak sejumlah $ 32.488.
Para juri kembali membahas sebuah dakwaan melawan Capone yang telah disimpan sampai penyelidikan lengkap selama tahun 1925-1929.

      Pada 5 juni 1931, para juri membahas lagi keputusan sebuah dakwaan melawan Capone dengan 22 tuduhan penggelapan pajak sejumlah lebih dari $ 200.000. Seminggu kemudian surat dakwaan ketiga dengan tuduhan dan bukti yang dikumpulkan Eliot Ness dan timnya. Capone dan 69 anggota gangnya dituduh bertanggung jawab atas 5.000 tindak kekerasan lewat UU Volstead, yang beberapa diantaranya kembali ke tahun 1922. Kasus penggelapan pajak di dakwakan dahulu baru setelahnya tuduhan kekerasan pada masa UU Pelarangan miras di Amerika.

      Capone menghadapi setidaknya 34 tahun ancaman hukuman penjara jika pemerintah berhasil memenangkan peradilan. Pengacara Capone mengisyaratkan pada jaksa Federal Amerika dengan sebuah kesepakatan. Capone akan mengaku bersalah dengan kalimat yang lebih halus. Johnsons, setelah berbicara dengan Irey beserta Mentri Keuangan yang baru, Ogden Mils, menerima kesepakatan dan menyetujui serta akan merekomendasikannya 2 atau 5 tahun.

       Mengapa pemerintah Amerika akhirnya mau menerima penawaran seperti "kalimat halus" tersebut. Pertama, kendati pemerintah sudah memasukkan secara samar tentang keselamatan Shuway dan Reis, mereka berdua tetap berada dalam bahaya sebagai saksi. Capone telah menghargai masing-masing $ 50.000 per kepala. Hal lain adalah munculnya keraguan bahwa UU pembatasan maksimal tuduhan 6 tahun akan ditegakkan Mahkamah Agung Amerika. Pengadilan tertinggi banding sudah diberlakukan 3 tahun pada UU pembatasan untuk penghindaran pajak. Kemudian ada potensi besar terhadap juri, baik gangguan berupa penyuapan maupun intimidasi.

      Kapankah kesepakatan itu bocor, hingga tiba-tiba pers sangat marah mengetahui bahwa Capone akan menyatakan dengan kalimat halus.

      Capone menghadiri persidangan dengan raut muka yang cerah dan perasaan bahagia pada 6 juni 1931. Ketika Capone mengaku bersalah, hakim Wilkerson menangguhkan sidang sampai 30 juni. Capone menghibur diri ketika ditanyai sejumlah wartawan, ia baru saja menerima sebuah tawaran dari perusahaan film untuk membuat sebuah film tentang kehidupannya. Dia sangat penuh dengan semangat ketika memberikan kalimat halusnya di depan hakim Wilkerson pada akhir bulan Juni.

       Hakim Wilkerson punya kejutan untuk Al, "Pesta kasus kriminal ini mungkin tak akan menetapkan penghakiman untuk dimasukkan" kata Wilkerson tegas. Ia membuat semua jadi jelas tanpa memperdulikan kesepakatan yang dibuat Johnsons. Ia merasa tidak terikat dengan itu. "Sudah saatnya bagi siapapun yang terkesan dengan terdakwa, mustahil untuk melakukan tawar-menawar dengan pengadilan Federal Amerika." Hal itu sangat mengejutkan Capone, perjanjian Plea Bargain menjadi tak jelas dan membuat Al sedikit khawatir. Namun Capone masih diijinkan menarik kembali pengakuan bersalahnya, sidang dijadwalkan akan dilanjutkan pada 6 oktober 1931.

bersambung disini
AL CAPONE sejarah singkat (25) AL CAPONE sejarah singkat (25) Reviewed by TABUH GONG on 12:17:00 Rating: 5

27 comments:

  1. Wah kisah sejarah yg menarik nih

    ReplyDelete
  2. @ Cik Awi :: terimakasih kunjungannya sobat

    ReplyDelete
  3. @ Cartenz Pyramid => terimakasih

    ReplyDelete
  4. infonya bagus.....
    salam kenal gal....

    ReplyDelete
  5. Ok gan, terimakasih dah mampir kesini

    ReplyDelete
  6. Artikelnya benar-benar unik Teman. Makasih

    ReplyDelete
  7. Artikel Sejarah Lagi ya Kakak.

    ReplyDelete
  8. @ Laurencius => unik ya, mungkin saja begitu tapi gak juga.
    @ Tiara PC => ya sekelumit
    thanks semua atensinya

    ReplyDelete
  9. saking menariknya sampai di film kan dengan berbagai versi.....kebetulan sy pecandu film nya

    ReplyDelete
  10. nah ini saya, baru tahu ttg Al Capone di sini...

    Btw, sekalian dtg utk folback:)

    ReplyDelete
  11. @ Aryadevi :: thanks dah datang, iya tuh banyak versi filmnya.@ Ririe :: thanks follbeknya,

    ReplyDelete
  12. Terimakasih Aldio atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  13. kunjungan balik nih bro! wah cerita tentang sejarah al-capone ya! gue sering juga nonton film-nya!

    ReplyDelete
  14. @ Bung Penho => terimakasih sobat

    ReplyDelete
  15. waah alcapone.. beneran, ane baru dengar.. hmm

    ReplyDelete
  16. postingan yang bermanfaat sob

    izin follow ya

    ReplyDelete
  17. @ Asalasah => ah yang bener sob, masa sih baru tahu..Trims anyway
    @ Saslina C :> silahkan sob nanti aku ke situ ganti, salam.

    ReplyDelete
  18. lengkap deh ulasannya ,.

    oh iya, salam kenal ya !!
    tukeran link yu ,.?? untuk mempererat tali persaudaraan sesama blogger ,.


    www.tombolesc.com

    ReplyDelete
  19. makasih dah share :)


    tukaran link yuk ?

    ReplyDelete
  20. @ Jurnal Rachmat => terimakasih sobat salam kenal.
    @ New Trik Tips Komputer => udah aku pasang sob, trims
    @ Chandra => trims kunjungannya, ayuuk tukeeer...

    ReplyDelete
  21. ijin baca -baca dulu nih sobat, terima kasih banyak untuk artikelnya sobat...

    ReplyDelete
  22. wow ini sejarah mafia yang terkenal itu ya

    ReplyDelete
  23. @ Asìs Sugianto & Bang Dayat ==>> terimakasih sobat.
    @ Cerita tentang Dunia :: yah sob that's right.

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.