JEAN-MARIE BOURSICOTsang Raja Iklan

Jean Marie Boursicot mejeng di gudang koleksinya

      Jean-Marie Boursicot adalah sosok terkenal dalam dunia periklanan. Orang mengenalnya bukan sebagai pembuat iklan atau orang yang terlibat langsung di dunia periklanan. Jean-Marie Boursicot adalah seorang kolektor film-film iklan, mulai dari sinilah ia dikenal luas. Kiprahnya yang membuat ia menjadi terkenal sampai ke seluruh dunia, adalah dengan membuat sebuah acara unik. Acara yang disebut ' The Night of AdEaters' dengan berbagai tema beragam. Mulai dari masalah lingkungan sampai perang terhadap AIDS. Sebagai acara utamanya pemutaran film iklan, Jean-Marie Boursicot menggelar banyak koleksinya. Tak disangka sambutan publik waktu itu sangat antusias. Sehingga sejak itu (1981) acara The Night of AdEaters -nya dijadikan agenda tahunan kota Paris. Dimana ia mempunyai sinematek dengan namanya sendiri di Rue de Penthievre. Tak jarang pula ia mengadakan tour ke luar negri. Saat ini ketika postingan dibuat koleksi film iklannya mencapai 1.000.000 judul.
     
  Sinematek dimana Jean-marie Boursicot memutar film iklan menjadi sebuah obyek wisata bagi penggemar iklan sedunia. Tapi menurutnya tak perlu mendirikan sebuah musium iklan, karena akan mematikan kreatifitas. Lalu sejak kapan Jean-Marie Boursicot mulai tertarik mengumpulkan film iklan. Sejak masih kecil ia sangat keranjingan menonton iklan. Kemudian ia memberanikan diri datang ke stasiun penyiaran untuk meminta film iklan yang lama dan sudah tak diputar. Tetapi yang diberikan malah film-film iklan yang akan dibuang. Setelah agak besar Jean-Marie Boursicot menyadari bahwa tak seorangpun mau tertarik untuk mengumpulkannya. Padahal sebagai karya sinematografi, film-film iklan tersebut tetaplah artistik. Maka kemudian ia mulai mengumpulkan dan mengkoleksinya.


       Bahkan di waktu selanjutnya setiap tahun ia mendapatkan kiriman sampai 25.000 judul film iklan dari seluruh penjuru dunia. Koleksinya adalah film iklan sejak dekade 1930-an sampai sekarang. Tentang reaksi penonton, Jean-Marie Boursicot mengatakan "menakjubkan". Penonton dipelbagai tempat di seluruh dunia memberikan respons yang sama. Mereka berteriak, bersorak, dan bersiul di adegan yang sama. Yang lebih menarik lagi adalah kelakuan penonton yang menirukan sebuah kalimat pada satu film iklan dari produk terkenal. Penyeragaman selera rupanya telah terjadi dimana-mana, itu menyedihkan.
JEAN-MARIE BOURSICOTsang Raja Iklan JEAN-MARIE BOURSICOTsang Raja Iklan Reviewed by TABUH GONG on 14:39:00 Rating: 5

No comments:

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.