Banner ads

Budaya Moto Camping Indonesia

pict dari vlogger A  Different Hippy

       Camping/ Kemping adalah kegiatan ataupun ada istilah yang lebih tepat nya olahraga outdoor, yang dilakukan di gunung, hutan atau lokasi camping yang telah ada di tempat wisata.Sudah populer di Indonesia terutama dikalangan anak muda dan para pecinta alam. Saat kecil kala kita masih berada di sekolah SD, biasa ada kegiatan ke-PRAMUKA-an yang mulai memperkenalkan bagaimana itu camping dalam hal ini adalah berkemah. Pada saat itu kita mulai diperkenalkan APA ITU CAMPING? dan bagaimana mempersiapkannya. Tentunya hal itu dilakukan untuk pendidikan mental, bagaimana bertahan hidup dalam keadaan darurat, dan pendidikan cinta alam sejak dini.

       Nah saat beranjak dewasa, sebagian besar kita sudah  melupakan kegiatan camping tersebut. Karena meski setiap tahun selalu ada kegiatan berkemah di SMP maupun SMA, yang mengikuti biasanya hanya beberapa anak yang mewakili sekolah masing-masing ( di Tingkat SD juga yaa). Jadi kegiatan camping ini menjadi terlupakan oleh banyak hal lain yang lebih penting bagi para anak muda, ZAMAN NOW atau ZAMAN ...(selanjutnya). Ada yang lebih tekun menimba ilmu dengan belajar giat dirumah maupun pergi ke tempat LES. Ada juga para anak muda yang lebih menekuni hobi masing-masing semisal bermusik, bermotor, dan hobi-hobi lainnya.
Bagi yang lain mungkin sekedar ikut berkumpul agar tetap eksis dalam dunia anak muda, atau juga lebih suka beraktifitas bersama keluarga.

     
pict dari vlog moto camping Mas DetaSat
 Pada beberapa dekade belakangan saya soroti kegiatan yang ngetrend atau mainstream adalah bermotor. Mulai dari bersekolah sampai bermain dan ikut bergabung atau membentuk kumpulan pecinta motor tertentu. Mereka mengeksplor dan berkreasi dengan motor kesayangannya, di custom ini itu, mengadakan acara touring bersama teman dan bersama pacar... Pokoknya keseruan dan keceriaan masa muda menjadi hal utama disitu. Dan yang membanggakan adalah hal-hal positif menjadi HUKUM BARU bagi mereka, jempol deh untuk mereka.

        Sekarang kita bahas Moto Camping, yaitu hobi baru yang menggabungkan antara bermotor dan camping dalam satu paket, trip ke suatu tempat yang jauh di luar kota/ tempat tinggal asal. Secara sederhana motor camping/ motocamping menjadi bukan saja istilah baru, tetapi hobi baru seperti yang saya maksud di depan. Jadi ketika mereka, para anak muda berkunjung ke tempat wisata yang jauh dan akan memakan waktu dan biaya yang lumayan gede. Dari situ muncul kebutuhan untuk sekedar beristirahat melepas lelah di tengah perjalanan, mulai makan, cek & ngademin mesin, mencari tempat merebahkan tubuh dan sebagainya. Mungkin ada banyak tempat untuk melakukan hal itu di warung-warung pinggir jalan, di SPBU, di Masjid bahkan, adapula yang mampir di pos polisi atau halaman gedung pemerintahan untuk sekedar berteduh.

Semakin banyaknya pemotor dan pelancong motor tersebut membuat tempat-tempat yang selama ini menjadi langganan untuk berhenti berteduh menjadi penuh atau terlalu sering ( satu hal yang tidak disukai anak muda adalah yang satu ini, BOSAN !! ). Ide baru mungkin terbersit dalam pikiran mereka Kenapa tidak membawa " Alat " untuk berteduh sendiri ?, dimana mereka bisa leluasa beristirahat ditengah perjalanan.
pict dari (maaf lupa)

        Evolusi terus berlanjut dan munculah yang namanya moto camping, bermotor sambil membawa alat camping diatas motor. Dengan tersedianya banyak peralatan camping yang lebih simpel dan rigan untuk dibawa, maka jadilah budaya moto camping mewabah. Alat-alat camping tersebut juga sangat mudah didapatkan melalui toko-toko biasa maupun lewat online. Memang dahulu sudah ada beberapa petualang maupun para peneliti yang menggunakan transportasi motor untuk berkemah ke suatu tempat. Mereka menggunakannya untuk menunjang kegiatan utama mereka, niatnya bukan untuk motocamping.

       Sekarang berkemah dengan bermotor menuju base camp, tujuan kemah tertentu maksudnya, menjadi hal baru varian baru untuk berwisata, untuk melancong dan jadi #TRENDING. Di Youtube banyak kita lihat video-video kreasi anak muda tentang moto camping. Coba tengok di Youtube, ketik motor/ camping, pasti akan muncul judul-judul video tentang Motocamping. Video-video tentang motor touring seakan  menjadi sedikit tergeser dari trending di Youtube. Dari video motocamping tersebut kita bisa lihat sangat bervariasi dari yang sederhana sampai yang berbiaya mahal, namun tetap selalu menggugah minat kita untuk ikut merasakan lagi sensasi naik motor plus berkemping, ketika menonton video itu. Dan lagi jalan jalan sudah mulai mulus bahkan sampai ke pelosok desa. AYO naik motor lagi.... jangan lupa bawa alat campingnya !!

BAWA KANTONG PLASTIK UNTUK SAMPAHMU ...


   
Budaya Moto Camping Indonesia Budaya Moto Camping Indonesia Reviewed by seno on 15:44:00 Rating: 5

2 comments:

  1. untuk info seputar paket Family Gathering di Bandung yang murah tapi ga murahan ya javaorganizer.co.id jagonya :)

    ReplyDelete
  2. Doyan MOTO-CAMPING? Kamu bakal doyan yang satu ini:
    300JAM.com

    ReplyDelete

Link Video Youtube, Mohon Review...tks
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://www.youtube.com/user/Gulagola/videos
JANGAN LUPA SUBSCRIBE YAA ..