Penjara Spandau Berlin

Upacara serah terima jaga penjara Spandau
     Penjara Spandau dibangun tahun 1876, sebagai tempat yang digunakan untuk pusat penahanan militer. Pada 1919 mulai digunakan juga untuk menahan warga sipil. Letaknya di sebelah barat kota Berlin (Berlin Barat), distrik Spandau.
Bangunan ini sejak 1987 sudah dihancurkan setelah kematian tahanan terakhir dari penjahat perang ,Rudolf Hess. Penghancuran penjara Spandau dimaksudkan sebagai simbol untuk mencegah berkembangnya paham neo-Nazi.
Sekarang tempat tersebut didirikan gedung pusat perbelanjaan bagi tentara Inggris yang ditempatkan di Berlin Barat (sampai perang dingin usai kota Berlin Terbagi menjadi dua, salah satunya Berlin Timur yang dikendalikan Uni Soviet)

     Setelah terjadinya kebakaran gedung Reichstag, akibat dibakar oleh seorang simpatisan Partai Komunis Jerman, tahun 1933, penjara Spandau digunakan sebagai tempat penahanan bagi para penentang Nazi dan pengkritik Hitler, seperti wartawan Egon Kirch dan Carl von Ozietsky. Dari sinilah awal terbentuknya penjara atau kamp-kamp konsentrasi semasa Perang Dunia II.
Baca juga Penyerangan Pearl Harbour oleh Jepang
Nazi menggunakan penjara Spandau sebagai tempat penyiksaan para tahanannya. Saat itu penjara Spandau dikelola oleh Kementrian Keadilan, namun disalah gunakan Gestapo untuk dijadikan kamp konsentrasi.
Sejak itu berdirilah banyak penjara seperti Dachau, Osthofen, Oranienburg, Sonnenburg, Lichtenburg pada akhir 1933, itu hanya di provinsi Esterwegen saja.
Setelah berakhirnya Perang Dunia II, penjara Spandau diambil alih oleh Sekutu dan digunakan untuk memenjarakan gembong-gembong Nazi yang lolos dari hukum gantung. Hanya tujuh penjahat perang yang ditahan di Spandau, mereka adalah :
  • Baron Konstantin van Neurath, terhukum 15 tahun penjara, dibebaskan lebih cepat pada 6 Nopember 1954, ia meninggal dua tahun kemudian. (Lahir 2 Februari 1873 - meninggal 14 Agustus 1956).
  • Albert Speer, terhukum dua puluh tahun penjara dan bebas pada 30 September 1966 (Lahir 19 Maret 1905 - meninggal 1 September 1981);
  • Rudolf Hess, terhukum seumur hidup, bebas karena meninggal dalam tahanan (Lahir 26 April 1894 - meninggal 17 Agustus 1987)
  • Walther Funk, terhukumterhukum seumur hidup, dibebaskan lebih awal karena alasan kesehatan pada 16 Mei 1957 (Lahir 18 Agustus 1890 - meninggal 31 Mei 1960);
  • Erich Raeder, terhukum seumur hidup dan dibebaskan lebih awal pada 26 September1955 (Lahir 24 April 1876 - meninggal 6 Nopember 1960)
  • Baidur von Schirach, terhukum 20 tahun penjara dan bebas pada 30 September 1966 (Lahir 9 Mei 1907 - meninggal 8 Agustus 1974)
  • Karl Donitz, terhukum sepuluh tahun penjara dan bebas pada 30 September 1956 (Lahir 16 September 1891 - meninggal 24 Desember 1980)
Penjara Spandau akhirnya hanya tinggal kenangan (buruk) setelah dirobohkan pada tahun 1987.

**Dalam budaya populer kita mengenal sebuah grup musik dari Inggris yang memakai nama Spandau, yaitu grup musik beraliran pop rock, Spandau Ballet. Hitnya yang paling sukses adalah "True"
link videonya : https://youtu.be/ldXgK71pgxs
Sumber : wikipedia
Penjara Spandau Berlin Penjara Spandau Berlin Reviewed by TABUH GONG on 07:32:00 Rating: 5

5 comments:

  1. sayang banget penjara yang di bangun tahun 1800 an harus dihancurkan, padahal sejarah yang berada didalamnya sangat wajib di lestarikan agar generasi penerus tidak menjadi penjahat perang seperti ke tujug gembong NAZI itu.
    coba kalau nggak dihancurkan bisa dipakai oleh bangsa kita untuk memenjarakan para gembong koruptor Indoneia tuh kan

    ReplyDelete
  2. Iya msng...tp itu dihancurkan supaya nazi nazi baru tak berkembang di Jerman.

    ReplyDelete
  3. Iya msng...tp itu dihancurkan supaya nazi nazi baru tak berkembang di Jerman.

    ReplyDelete
  4. Udah lama jg ya dihancurinnya, thn 87

    ReplyDelete
  5. Donitz tidak pantas dihukum,dia militer sejati sejajar dengan Rommel,Donitz dihukum karena unsur politis di saat itu karena ia adalah penggantian Hitler,jendral2 barat menyesalkan hukuman pada Donitz,pada saat ia keluar dari penjara para petinggi Nato menyambutnya

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.