Etiket dan Sopan Santun Orang China


      Sebagai negara besar dengan sejarah peradaban selama ribuan tahun, bangsa China/Tiongkok telah terbuka dengan berhubungan baik melalui perdagangan, pertukaran budaya, pariwisata dan lain-lain.
Sejarah mencatat bahwa orang-orang China atau bangsa China telah berkelana jauh dengan kapal mereka ke pelbagai negara. Begitu juga banyak orang dari bangsa lain masuk ke Negeri China.

      Laksamana Cheng Ho dan armadanya pernah singgah di kepulsuan Nusantara. Dan Petualangan Marco Polo menuju Timur, akhirnya menjalin kontak dengan bsngsa China.
Pada dasarnya orang China sangat ramah dan sangat positif jika bergaul dengan pendatang dan pelancong. Mereka akan menerim dengan tangan terbuka, bahasa bukan menjadi masalah besar.

      Jika anda sedang mengadakan perjalanan ke China, entah itu dalam rangka bisnis, kunjungan keluarga atau melancong, ada baiknya sedikit mengenal dulu bagaimana karakter orang China dan etika pergaulan mereka.
Seperti dituliskan di atas, bahwa karakter orang China itu sangat terbuka dalam menerima orang asing. Yang perlu di tambahkan adalah etika ketika kita berada disana.

ETIKET DAN SOPAN SANTUN PERGAULAN
  • Tetap berpenampilan tenang, 
  • Ketika menerima atau memberi hadiah atau bingkisan ataupun sesuatu, sebaiknya dengan mengulurkan kedua tangan, untuk menunjukkan rasa hormat.
  • Orang China suka menerima bingkisan dari pengunjung atau tamu, oleh sebab itu usahakan membawanya ketika bertamu.
  • Kemarahan, sebaiknya hindari dan kendalikan rasa marah anda sebab kalau tidak sebuah perkelahian akan tidak bisa dihindarkan.
  • Jangan memandang orang China seperti orang bodoh, hal itu sangat membuat tersinggung. 
  • Orang China sangat menghargai privasi, anda sebagai orang asing akan mendapatkan perhatian lebih. Jika merasa tak nyaman dengan hal tersebut, sebaiknya katakan sesuatu dengan bahasa mereka. Mereka pasti akan menyadari bahwa anda adalah sama seperti mereka, mungkin anda akan langsung diajak ngobrol atau mereka akan pergi.
  • Memperkenalkan diri adalah langkah pertama mengamankan sebuah hubungan. Ada sopan santun ketika memperkenalkan diri, yang pertama memperkenalkan diri dalam adat China adalah, yang berumur lebih muda, pria dulu yang memperkenalkan diri pada wanita. Orang yang berpangkat rendah harus lebih dahulu memperkenalkan dirinya, tuan rumah akan memperkenalkan diri daripada tamunya.
  • Setelah memperkenalkan diri anda baru bisa menjabat tangan mereka.

SOPAN SANTUN SAAT JAMUAN MAKAN
  • Orang China lebih suka menghibur tamunya di tempat umum, restoran dsb.
  • Jika anda diundang perjamuan makan di rumah mereka, hargailah. Jika ada acara lain yang bersamaan waktunya dan anda hendak membatalkan undangan mereka, jelaskan apa adanya dengan alasan tepat tanpa melukai persahabatan.
  • Jika anda ingin menghadiri undangan, datanglah tepat waktu, lepas sepatu sebelum masuk rumah, bawalah bingkisan kecil untuk tuan rumah.
  • Ketika sudah masuk rumah, tunggu sampai anda ditunjukkan harus duduk dimana. Cobalah sedikit apa saja makanan yang ditawarkan pada anda, tuan rumah biasanya mengambik makanan terlebih dahulu. 
  • Letakkan sumpit ditempat yang disediakan ketika anda akan minum atau berbicara. Sisakan makanan yang ada di nampan ingat masih ada orang lain yang ingin makan itu juga.
  • Jangan letakkan sisa tulang pada piring, karena akan disediakan tempat khusus untuk itu.
  • Jangan heran jika ada yang bersendawa saat selesai makan, hal tersebut justru untuk menunjukkan rasa menghargai atas apa yang disajikan tuan rumah.
Sedikit pengetahuan di atas bisa anda gunakan jika anda berencana bepergian ke China. Kata pepatah mengatakan " Harimau mati meninggalkan belang, dan manusia mati meninggalkan nama". Dalam artian bahwa setiap dari kita itu membawa kehormatan diri, keluarga, daerah asal, suku, instansi tempat kita bekerja, dan negara. Apalagi jika pergi ke tanah rantau, berarti nama baik harus tetap dijaga.
(sumber kwintessential.co.uk, sumber gambar random internet)
Etiket dan Sopan Santun Orang China Etiket dan Sopan Santun Orang China Reviewed by TABUH GONG on 02:00:00 Rating: 5

10 comments:

  1. sangat berguna, jadi lebih tau tatakrama di china, smoga bisa kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus bisa mencontek sesuatu yang baik yang dilakukan oleh etnis tionghoa ini dong ah

      Delete
  2. Negara yang konon tidak punya agama justru lebih sopan ya ?
    Tradisinya terjaga dengan apik.

    ReplyDelete
  3. sepakat dengan penjelasan dan gambaran betapa mereka tionghoa sedemikian memiliki etika yang tinggi...
    sesungguhnya kita pun memiliki etika sopan santun dan keramahan yang tinggi, hanya mulai menipis, setipis silet sekarang mah

    ReplyDelete
  4. Waw, berarti kita harus mengikutin etiket dan sopan santun orang china dong :D

    ReplyDelete
  5. negara komunis ternyata juga punya sopan santun yang lebih mantab ya kang. Bener Kata Alqur'an. yang mengatakan belajarlah sampai ke negeri China.!

    ReplyDelete
  6. Iya setiap bangsa punya etika masing-masing

    ReplyDelete
  7. Iya setiap bangsa punya etika masing-masing

    ReplyDelete
  8. itu cina masih keturunan bangsawan di daratan sana
    kalo cina imigran dari suku han yang ada di indonesia kebanyakan tidak punya tata krama
    yang imigran itu kebanyakan dari kasta rendah

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.