Ormas-ormas yang paling populer di Indonesia

     Ormas atau Organisasi Massa adalah wadah bagi para anggota masyarakat yang ingin bersatu sesuai dengan keinginan dan cita-cita dibidang masing-masing. Setiap orang atau sekelompok orang yang mempunyai hasrat dan minat yang sama pada suatu hal ada disitu, yaitu ormas. Nama Ormas memang terkesan gahar dan membanggakan bagi seseorang yang ikut didalamnya. Karena ormas bersifat aktif dan mengarah pada sebuah aksi nyata, semisal demonstrasi atau kegiatan sosial tertentu.

      Ormas-ormas berikut ini adalah ormas yang terpopuler karena sepak terjangnya versi TabuhGong :

F P I

      Front Pembela Islam disingkat FPI, merupakan jawaban atas  kondisi sosial masyarakat Indonesia yang kala itu sangat memojokkan umat Islam atau Muslim. Tahun .... FPI berdiri untuk mewadahi anak-anak muda muslim untuk menunjukkan diri bahwa orang Islam bukanlah pasrah dengan keadaan.
FPI sering mempertontonkan taringnya lewat gerakan-gerakan yang tak lazim dilakukan oleh orang awam. Mereka sering melakukan sweeping terhadap orang asing yang dianggap sebagai biang maksiat, atau juga mensweeping tempat-tempat yang dianggap penuh kemaksiatan bagi FPI. Lebih dari itu FPI juga kerap melakukan sweeping menjelang dan selama bulan puasa dengan melarang orang untuk makan siang di tempat terbuka. Karena menurut FPI orang yang makan siang pada bulan puasa sangat tidak menghormati ibadah orang muslim.
Beberapa tahun sempat sejumlah aksi FPI diatas justru menjadi cukup meresahkan bagi masyarakat. Aksi mereka sempat mewabah di berbagai kota, dimana ada cabang FPI disitu pasti ada sweeping.

LASKAR BALI

      Laskar Bali adalah ormas terbesar di Bali dilihat dari jumlah anggotanya yang diperkirakan mencapai 20.000 orang. Sebagian besar dari mereka adalah preman-preman, dan mereka bergerak dibidang jasa keamanan. Namun disinyalir mereka juga banyak memuluskan kegiatan perdagangan narkoba ataupun peredaran miras. Banyak diantara anggotanya yang nasuk penjara jarena tersangkut tindakan kriminal, meski begitu ormas Laskar Bali tetap eksis. Sempat terjadi perpecahan dalam keorganisasiannya sehingga melahirkan ormas baru bernama BALADIKA, kedua ormas ini akhirnya menjadi musuh bebuyutan, terbukti dengan adanya peristiwa bentrokan di Lapas Kerobokan yang meminta banyak korban. Pemerintah pun turun tangan merukunkan mereka melalui penandatanganan perjanjian untuk tidak menimbulkan keributan lagi dimasa nendatang.

PEMUDA PANCASILA

      Pemuda Pancasila adalah ormas underbow partai Golkar yang berdiri pada masa pergerakan antikomunis tahun 1966/67. Berawal dari kericuhan politik kala itu yang merebak seiring isu pemberontakan PKI dan ketidak puasan atas kinerja pemerintahan Presiden Soekarno, ormas ini terbentuk. Para anggota awalnya adalah para preman dan para tahanan yang sengaja dibebaskan guna memberantas anggota PKI . Mereka bertugas membunuh para anggota atau orang yang dianggap anggota PKI hampir diseluruh wilayah Indobesia, terutama yang menjadi basis PKI. Peristiwa pembantaian itu begitu terbuka dan sistimatis dengan dukungan armed waktu itu hingga korbannya mencapai angka satu juta-an jiwa.
      Setelah berhasil menyingkirkan PKI dari kancah politik Indonesia, oleh rezim Soeharto para anggota Pemuda Pancasila diberi jabatan di pemerintahannya. Sejak itu ormas Pemuda Pancasila mendapat tempat terhormat, meski sebenarnya di masa lalu mereka adalah para pembunuh yang bangga karena menganggap itu tugas bela negara.
      Di masa orde baru Pemuda Pancasila adalah momok yang menakut-nakuti para pemilih pada setiap kampanye Golkar. Karena anggotanya kebanyakan memang berasal dari preman yang dilegalkan untuk membentuk organisasi resmi.

FORUM BETAWI REMPUG

      Forum Betawi Rempug (FBR) didirikan pada tahun 2001 sebagai wadah bagi anak muda dan warga Betawi untuk memperjuangkan hak-hak dan aspirasi orang Betawi. Sebagai organisasi massa lokal yang mendapat banyak simpati, Forum Betawi Rempug berkembang pesat, ribuan orang Betawi dan yang merasa punya darah Betawi keamananng menjadi keluarga besar Forum Betawi Rempug. Wilayah persebarannya kemudian meluas sampai keluar Jakarta seperti Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi.
      Dalam perkembangannya Forum Betawi Rempug mulai sedikit melenceng dari cita-cita organisasi. Seiring dengan berbagai perannya dalam berbagai usaha antara lain jasa keamanan, disini banyak kelompok anggota FBR menimbulkan banyak keresahan di masyarakat ibukota. Bentrok dengan ormas lain dalam posisi sebagai pesaing di usaha jasa keamanan sering terjadi dan menjadi berita di media massa. Sehingga Forum Betawi Rempug justru menjadi seperti kumpulan preman yang selalu berbuat onar.

FAJAR MENYINGSING

       Di era Petrus (pembunuhan misterius) dimana terjadi pembantaian para preman, banyak korban berjatuhan, ormas Fajar Menyingsing lahir tahun 1983. Ormas ini digagas oleh partai Golkar waktu itu untuk merangkul para preman dan membina mereka. Anggota ormas ini kemudian berkembang pesat dari preman kampung sampai preman yang baru keluar dari penjara, hingga anggotanya mencapai ribuan preman di Jawa Tengah dan Jogjakarta. Mereka diberi pekerjaan di bidang jasa keamanan dan pengelolaan lahan parkir. Dan tugas sampingannya adalah menjadi pengawal kampanye bagi Golongan Karya, kegarangan para anggota ormas Fajar Menyingsing ini juga membantu meraup suara pemilih. Namun beberapa anggota Fajar Menyingsing ternyata tetap menjadi korban Petrus, hingga akhirnya ormas ini menghilang dari peredaran.

LASKAR JIHAD

        Laskar Jihad dibentuk tahun 2000 oleh Jafar Umar Thalib sebagai organisasi para militer muslim untuk memberikan bentuk solidaritas nyata atas kerusuhan SARA di Maluku. Berbagai pihak sempat menentang peran Laskar Jihad di Ambon, namun terbukti kemudian dengan masuknya Laskar Jihad ke Ambon mempersingkat masa konflik. Sehingga keadaan menjadi pulih dan tidak lama kemudian diambil alih oleh pemerintah. Setelah Laskar Jihad ditarik mundur dari Ambon 2002, ormas ini dibuvarkan okeh pemerintah. Namun beberapa faksinya masih beroperasi sampai saat ini di beberapa tempat karena konflik sempat meluas hingga ke Poso, Sulawesi Tengah.  

    Demikianlah beberapa nama Organisasi Massa atau Ormas yang sempat ramai diperbincangkan media dan publik dan sepak terjangnya. Ini bukan daftar atau urutan tentang ormas yabg didasarkan atas hal-hal tertentu, namun ini hanyalah sekian dari ormas yang ada dan pernah eksis di negara kita versi TabuhGong. Ormas yang paling sering mengisi lembar dan berita media dan ditulis dari berbagai sumber, semoga menginspirasi. 
Ormas-ormas yang paling populer di Indonesia Ormas-ormas yang paling populer di Indonesia Reviewed by TABUH GONG on 14:04:00 Rating: 5

6 comments:

  1. ternyata banyak juga ormas-ormas di indonesia, yang saya tahu cuma pemuda pancasila saja. yang lainnya baru tahu dari sini.

    ReplyDelete
  2. Bentuk nyata sampai kapanpun pemerintah tidak akan mampu menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dimasyarakat yang akhirnya banyak terbentuknya ormas-ormas ini.. ini mungkin yang populer,setau saya di jawabarat setiap daerah memiliki nama-nama lain..

    ReplyDelete
  3. sedemikian berat tugas dan tanggung jawab pemerintah, seyogyanya kita mendoakan yu

    ReplyDelete
  4. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.