Organisasi terlarang di Indonesia

      Sebuah organisasi adalah sekumpulan orang yang bersatu dan mempunyai visi dan misi yang kurang lebih sama. Dalam organisasi ada struktur yang jelas mulai dari atasan sampai tingkat bawahan sampai kader dan simpatisan.  Dalam organisasi pula orang bisa memperjuangkan suatu harapan dan cita-cita yang lebih baik menurut versi mereka. Namun adakala versi yang mereka tuju dan anut justru bertentangan dengan azas negara. Sehingga negara berhak melarang perkembangan organisasi tersebut.      
 Di Indonesia hak setiap orang atau warganya untuk berorganisasi telah dijamin dalam Undang Undang Dasar. Meskipun begitu undang-undang juga melarang berdirinya sebuah organisasi yang dinilai membahayakan keutuhan negara. Berikut beberapa organisasi yang terlarang di Indonesia :
  PKI

       PKI adalah kependekan dari Partai Komunis Indonesia, sejak  1923 partai ini mulai didirikan oleh Musso dan kawan-kawan. PKI berkembang pesat diwilayah Jawa dan menyasar kaum miskin sebagai calon pengikut mereka. Cara-cara partai ini bertumbuh kala itu  memang penuh kekerasan dan intimidasi, selain juga harus bersaing dengan pengaruh partai lain, semisal Partai Masyumi dan PNI. Perseteruan mereka bahkan menyebabkan banyak jatuh korban jiwa, terutama dari kalangan rakyat bawah yang mudah sekali terprovokasi oleh kampanye-kampanye mereka.
      PKI berniat mendirikan negara Soviet Indonesia, mereka lalu memberontak 1949, 1965. Namun bisa ditumpas oleh TNI, dan akhirnya dilarang atau dinyatakan terlarang oleh pemerintah Indonesia.
GAFATAR

      GAFATAR atau Gerakan Fajar Nusantara, adalah organisasi keagamaan yang menggabungkan tiga ajaran agama yang berbeda Islam, Kristen serta Yahudi. Tujuan organisasi ini menurut penyelidikan pihak intelejen adalah ingin juga mendirikan sebuah negara sendiri, makanya organisasi GAFATAR  menjadi terlarang.
      Pada awal terbentuknya GAFATAR ini banyak pihak sudah menuduh bahwa organisasi ini merupakan jelmaan dari organisasi Al Qiyadah Al Islamiyah Pimpinan Achmad Mushadieq/ Ahmat Muzadek. Untuk meraih simpati dari calon pengikut GAFATAR sering mengadakan acara-acara bersifat sosial, mulai dari donor darah atau kegiatan amal lainnya. Banyak simpati didapatkan namun para simpatisannya kemudian banyak yang menghilang dari pergaulan masyarakat. Ketika ditemukan di daerah Kalimantan ternyata jumlah pengikut GAFATAR sudah nencapai ribuan orang.
Sebenarnya pemerintah sudah melarang kegiatan GAFATAR sejak 2013 llalu, namun mereka ternyata telah bergerak secara diam-diam. Merekrut banyak anggota dari mulut ke mulut antar teman atau saudara.
Satrio Piningit Weteng Buwono

      Organisasi ini masih kecil dan sedikit pengikutnya sewaktu digerebek di markas mereka di Jakarta Selatan Organisasi Satrio Piningit Weteng Buwono ini adalah suatu kelompok pengajian yang dipimpin oleh seorang Imam sesat bernama Agus  Imam Solikhin. Ajaran yang dianjurkan dalam kelompok pengajian pimpinan Agus menghalalkan sex bebas saat pengajian berlangsung, bahkan boleh ditonton oleh anggota kelompok yang lain. Anggota kelompok ini memang kecil tapi ajarannya yang menyimpang itu menjadi berita besar di tahun 2008. Perkumpulan ini dilarang karena merusak moral generasi muda.

ISIS Indonesia

       ISIS adalah kependekan dari Islamic State of Iraq and Syiria, Negara Islam Iraq dan Syuriah. Mereka digolongkan ke dalam organisasi teroris karena kekejamannya untuk mewujudkan sebuah negara Islam "nostalgic" seperti jaman kekholifahan Islam di masa lalu. ISIS mempunyai cabang diberbagai negara, termasuk Indonesia. ISIS Indonesia termasuk dalam cabang Asia Tenggara bersama Malaysia, Filioina, Singapura dan Thailand.
Selain merekrut banyak simpatisan ISIS di Indonesia untuk dikirim ke Syuriah, mereka juga melakukan berbagai kegiatan terorisme di Indonesia.
Organisasi terlarang di Indonesia Organisasi terlarang di Indonesia Reviewed by TABUH GONG on 20:07:00 Rating: 5

5 comments:

  1. Duh, blognya tiap klik muncul iklan terus :(

    ReplyDelete
  2. Sory mbak emang sengaja begitu biar seru...

    ReplyDelete
  3. Paling hafal PKI soalnya sudah sejak SD dan masuk pelajaran.BTW sekarang pake POPup Under ya mas... :)

    ReplyDelete
  4. apa sampai saat ini PKI masih jadi partai terlarang ya?
    terima kasih info-nya..
    gak apa-apa Mas, seru kok :)

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.