Mengenal motor Triumph Bonneville



    Sepeda motor Triump dari negara Inggris ini sangat terkenal di kalangan pecinta sepeda motor di dunia, tak terkecuali di Indonesia. Mungkin hanya sepeda motor pabrikan Harley Davidson saja yang mampu mengalahkan kepopulerannya. Selain karena performa mesin yang handal dan sejarahnya, sepeda motor Triumph modelnya yang tetap mempertahankan desain classic atau asli sejak pertama diciptakan. Body motor mungkin terlihat jelek atau terlalu ketinggalan jaman, namun performanya jangan ditanya.
   
      Salah satu varian motor Triumph yang paling legendaris adalah Triumph Bonneville. Biasa di juluki sebagai "Bonnie", nama Bonneville merujuk pada sebuah tempat di Utah, Amerika. Di mana terdapat danau garam beku yang sangat datar, Bonneville Salt Flats, tempat paling pas untuk menguji mesin-mesin tercepat termasuk Triumph dan motor lainnya. Spirit dari kecepatan inilah yang mengilhami lahirnya motor Bonneville.
Triumph Bonneville adalah moyang dari motor sport modern, dan pada kemunculan model-model pertamanya banyak ditiru oleh produsen motor Jepang. Dan kemudian berkembang seperti sekarang dalam berbagai bentuk dan model, menjelma menjadi merk-merk sepeda motor seperti Honda,Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan lainnya. Bonneville diproduksi pertama kali pada tahun 1959, oleh Triumph Enginering dan Norton Villiers Triumph. Seri pertama ini adalah Bonneville T120 dengan kecepatan maksimal 115 mph atau sekitar 207 km per jam tanpa modifikasi apapun. Kapasitas mesin 650 cc Bonneville T120 menggunakan knalpot kembar kiri dan kanan sebagai pembuangan pembakaran mesin.
   
       Triumph Bonneville diproduksi selama tiga generasi pabrikan. Generasi pertama 1959-1983 dan generasi kedua 1985-1988 oleh pabrikan Triumph Engineering yang berlokasi di Meriden, West Midlands Inggris.

        Sementara generasi ketiga dibuat oleh pabrikan Triumph Motorcycle di Hinckley, Liecestershire Inggris. Dengan desain baru tanpa meninggalkan ciri orisinil dari model seri pertama.

produksi 1980-an
 
Bonneville produksi 1960-an


Mengenal motor Triumph Bonneville Mengenal motor Triumph Bonneville Reviewed by TABUH GONG on 21:56:00 Rating: 5

7 comments:

  1. kendaraan roda dua sejenis harley seperti Triumph Bonneville sangat cocok untuk meninjau perkebunan teh saya nih, beli ah satu

    ReplyDelete
  2. Bekas saja harganya mendekati seratus juta kang, masih mau??

    ReplyDelete
  3. motor legendaris, nama legendaris, bikin mata nian gerimis.
    Antara harga dan spek kurang seimbang,
    Memang motor inggrisan begitu wow kalau dibandingin mobil mobil jepangan.

    ReplyDelete
  4. Cukup dengan melihat.. takut kepengen... padahal udah mupeng, hehehhe...

    ReplyDelete
  5. ini koleksi motor jadul ya mas...biar jadul tapi antik lho...saya g nolak kok seandainya ada yang ngasih....

    ReplyDelete
  6. Ternyata motor legenda nih tapi memang mahal juga ya, kecuali mereka yang suka koleksi motor antik pasti bakalan diburu. Berapapun harganya.

    ReplyDelete
  7. Wah bagus juga ya motor jadul, namun sayang harganya melonjak tinggi.

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.