BAHAYA ROKOK BAGI KESELAMATAN JIWA


       Rokok dalam berbagai bentuk sudah dikenal lama di berbagai budaya di dunia. Mulai dari model cerutu besar, jenis kretek yang tanpa filter sampai rokok ber-filter. Ada ratusan merek rokok yang saat ini beredar dan akan terus bertambah seiring perubahan pasar. Hampir 50% pria Indonesia adalah perokok, meski sampai sekarang kampanye anti rokok begiti gencarnya disuarakan. Tetap saja penggemar rokok tidak berkurang, justru di kalangan pemula bermunculan pecandu-pecandu rokok yang baru.

      Bahaya asap rokok bagi perokok aktif dan pasif semua orang juga sudah paham betul. Namun tahukah anda beberapa kebiasaan merokok yang berbahaya bagi keselamatan jiwa, bahkan secara massal ? Kombinasi antara keteledoran perokok dan peletakan bahan yang mudah meledak sembarangan itu yang dimaksudkan. Coba simak beberapa diantaranya di bawah ini  :
!!! Merokok dekat tabung LPG

      Awas tidak boleh merokok di dekat tabung LPG, baik di toko pengecer maupun di dapur. Bila tabung bocor gasnya mudah sekali menyebar dan terbakar lalu merembet ke tabung dan bisa menimbulkan ledakan.

!!! Merokok dekat dengan truk pengangkut BBM

        Hati-hati apa yang ada didekat anda bila sedang merokok, sebuah truk tangki BBM atau tangki pengangkut bahan kimia yang mudah terbakar mungkin akan membunuh anda dan orang disekitarnya bila puntung rokok terbuang di bocoran kran tangki, terutama pengangkut bensin. Menjauhlah dari bahaya tersebut bila sedang merokok.

!!! Merokok disaat memeriksa tangki motor

      Hal sepele yang sering dilupakan pemotor adalah bbm untuk motor, terkadang tanpa di check cukup atau tidak saat perjalanan nanti. Saat memeriksa isi tangki ini mestinya jangan sambil merokok, singkirkan rokok jauh dari lubang tangki. Takutnya nanti rokok itu jatuh ke lubang tangki dan meledak bisa berabelah. Mungkin nasihat ini terlalu berlebihan namun hati-hati itu lebih penting dan tak ada jeleknya.

!!! Merokok di SPBU

       Untuk yang satu ini saya kira semua sudah tahu dan paham, soalnya tanda dilarang merokok sudah tertulis jelas di tembok yang strategis dan mudah dilihat. Kalau sampai masih merokok memang sudah kebangetan... Tingkat bahaya di SPBU itu sudah AWAS, tahu sendirilah kandungan bbm didalamnya sudah cukup untuk membakar lingkungan sekitar bila meledak.

Nah coba kita pikirkan dan cermati hal-hal diatas, bukankah sangat berbahaya seandainya kita atau orang suka merokok didekat tempat-tempat tersebut. Merokok yang benar adalah tahu bahayanya benda-benda atau bahan-bahan yang mudah meledak, sudah itu menyingkirlah jauh. Sekian deh moga bermanfaat .
sumber gambar internet.
BAHAYA ROKOK BAGI KESELAMATAN JIWA BAHAYA ROKOK BAGI KESELAMATAN JIWA Reviewed by TABUH GONG on 03:00:00 Rating: 5

3 comments:

  1. Hahha..betul juga ya Kang,kalau kita merokok didekat Tabung Gas mending kalau tabung gasnya lagi dalam keadaan SEHAT WAL AFIAT..hahahaaa

    ReplyDelete
  2. Itu bahaya yg kita anggap sepele,

    ReplyDelete
  3. Sering banget orang merokok sembarang termasuk seperti yang diposting di atas. Cuek atau memang nggak tau.

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.