BEGAL sebuah fenomena atau euforia


Sumber gambar poskota.com

  Begal sebuah bentuk tindak kejahatan yang banyak memenuhi ruang berita belakangan ini. Berita paling banyak adalah tentang begal motor di media massa baik di media cetak maupun media audio visual. Tindakan para begal ini terhitung sangat sadis, bahkan sampai membunuh korban dalam hal ini adalah pemilik motor. Aksi para begal terjadi merata di berbagai kota, mereka merampas paksa kepada pengendara sepeda motor yang melintas di jalan yang relatif sepi.


     Dari keterangan yang berhasil di dapatkan polisi, para begal bekerja secara berkelompok membentuk suatu sindikat. Dimana sebagian ada yang menjadi penadah ada pula yang bertugas mem-preteli bagian per bagian dari motor dan yang paling utama dari sindikat ini adalah begal, sebagai perampas motor di jalanan.

      Begal adalah sebuah kata untuk pelaku perampasan sepeda motor, baik dengan paksaan dan kekerasan. Menakuti korban dengan senjata, mengancam akan melukai atau membunh korban. Kemudian membawa lari sepeda motor korban dan mereka melakukan pembegalan lagi. Yang pasti para begal ini dalam aksinya tidak sendirian, pengendara dan satu lagi tugasnya merampas dan membawa lati hasil rampasan.

      Istilah begal sendiri sebenarnya berasal dari bahasa jawa, yang diadopsi ke dalam bahasa indonesia. Dalam bahasa jawa, begal berati merampas paksa barang milik orang lain terutama di daerah sepi. Biasanya kejadian pembegalan di masa lalu terjadi di bulak, yaitu ditengah jalan yang jauh dari perkampungan. Di jaman dahulu dimana orang, terutama para pedagang, biasa melakukan perjalanan dengan jalan kaki karena alat transportasi masih sedikit. Hal itu dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan untuk melakukan pembegalan. Sehingga pada waktu itu orang lebih suka menginap di perkampungan terdekat apabila hari menjelang malam. Atau kalau tidak orang-orang yang melakukan perjalanan akan melakukannya bersama sesama mereka, setidaknya bila terjadi sesuatu ditengah jalan mereka bisa saling bantu.

      Fenomena begal yang merebak dan menteror para pengendara sepeda motor memang menghebohkan. Bahkan seperti virus menyebar dengan 'massive', sepertinya pelaku begal di wilayah lain menjadi ikut-ikutan beraksi. Mereka seperti mendapatkan inspirasi dari ramainya pemberitaan tentang pembegalan di tempat lain. Ratusan korban berjatuhan dan bertumpuknya laporan pembegalan menumpuk di kantor-kantor polisi di pelbagai kota. Namun berkat kesigapan pihak kepolisian dan dengan kerja kerasnya, akhirnya fenomena begal pun menyurut. Sekarang sudah jarang kita dengar lagi berita tentang begal dan korbannya. Salut untuk kerja aparat kepolisian kita.

       Semoga kita menjadi lebih berhati-hati bila sedang melakukan perjalanan, apalagi bila harus sendirian di jalan yang lengang. Dengan adanya fenonena begal tersebut, kita menjadi tahu apa yang seharusnya dipersiapkan dan dilakukan supaya kita tak menjadi korban selanjutnya.
BEGAL sebuah fenomena atau euforia BEGAL sebuah fenomena atau euforia Reviewed by TABUH GONG on 01:24:00 Rating: 5

10 comments:

  1. banyak kejadian pembegalan akir2 ini, dan pelakunya juga berlaku sadis terhadap korbannya

    ReplyDelete
  2. memang saat ini semakin marak saja tindakan begal diberbagai tempat ya mas.
    aksinya semakin berani dan terang-terangan.semoga pihak yg berwajib segera bisa mengatasi masalah ini

    ReplyDelete
  3. begal itu mengerikan mas, apalagi kalau subuh di kota saya sering banyak penampakan kendaraan dirampas begal dan pengendaranya dilindas habis sementara yang mau nolongin engga ada takut dibunuh juga. Semoga cepat tobat itu manusia dan rejekinya cepat bagus supaya berenti dari kriminal

    ReplyDelete
  4. Keberingasan kawanan begal memang sangat memprihatinkan. sebagai masyarakat, kita berharap aparat dapat bertindak tegas setegas tegasnya..

    ReplyDelete
  5. ngeri banget kalo dengar kata2 begal :( identik dengan orang2 yg gak berperi kemanusiaan dan gak punya hati hiks

    ReplyDelete
  6. akhir ini memang sangatlah sering terjadi begal di negeri ini, perampasan hak milik orang lain bahkan sampai adanya pembunuhan:) masya Allah semoga tidak terjadi lagi begal di negeri kita ini mas :(

    ReplyDelete
  7. kecanggihan Media yang mempermudah setiap orang mengakses informasi secara cepat menurut, membuat aksi kejam dan tidak terpuji para begal ini seperti menjadi2, tetap waspada semuanya,

    ingat kejahatan tidak hanya kerna niat, tapi ada kesempatan..

    ReplyDelete
  8. Begal sekarang nggak berperikemanusiaan main dor main sikat kejam pokoknya

    ReplyDelete
  9. saya cuman bisa berharap agar begal itu hilang dari muka bumi. sayamah ngeri ngedernya

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.