Tersangka Preman

flicker.com by vincent

       Preman adalah sebuah istilah yang ditujukan bagi seseorang (anak nakal) yang seringkali memalak, mengompas atau memeras orang lain yang berkaitan dengan "wilayah kekuasaan preman". Bisa jadi wilayah itu hanya sekitar tempat mangkal atau tongkrongan, tempat kongkow dan sebagainya, biasanya diujung gang di perempatan dan ditempat lain yang kebetulan menjadi wilayah jajahan preman tersebut. Preman adalah istilah yang juga diperuntukkan bagi para jagoan kampung atau sekelompok anak (orang dewasa juga bisa) yang membentuk kumpulan atau gerombolan yang mempunyai minat yang sama dan kemudian melakukan tindakan yang melawan aturan atau hukum yang berlaku. Pada intinya preman tak bisa dilepaskan dari perkembangan hidup manusia itu sendiri. Kebanyakan dari mereka ada di usia produktif, yang karena berbagai sebab (atau alasan) mereka menjadi preman dan melakukan tindakan premanisme.

       Disetiap kampung atau gang-gang pasti ada bercokol para preman itu karena memang mereka berasal dan tinggal disekitar gang tersebut. Orang pasti familiar dengan istilah "preman kampung" ini, mereka akan terlihat mangkal di ujung gang atau di warung-warung kopi di kampung tersebut. Ada yang bekerja sendirian dan adapula yang bergerombol dengan salah satu yang dominan akan menjadi pimpinan "tak resmi". Diantara kumpulan preman antar kampung biasanya terjalin hubungan yang erat dan saling tidak boleh mengganggu satu sama lain. Keadaan inilah yang sering dimanfaatkan oleh orang atau badan organisasi tertentu untuk meraih dukungan. Sebagai imbalan preman-preman kampung tadi akan mendapatkan perlindungan dan juga mungkin imbali materi. Sebagai kalangan yang tak punya pekerjaan pasti tawaran seperti itu tentulah sangat menarik.

       Namun adakalanya sebagian dari preman kampung itu merasa tidak puas dengan "penghasilan" dan citra mereka, maka meninggalkan tempat lama dan mencari tempat mangkal baru adalah keharusan. Tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun kerata api bahkan pasar adalah tujuan favorit. Mereka ini biasanya akan menjadi cikal bakal preman-preman besar. Namanya akan cepat tenar jika berhasil menguasai wilayah baru tersebut, atau setidaknya bisa menjalin hubungan baik dengan penguasa lama. Kalau sudah punya nama, preman kampung yang sudah "naik kelas" ini dipastikan akan naik pula tingkat kesejahteraannya.

       Adapula yang terpaksa menjadi pencopet atau penjambret, beberapa hal rendahan yang dilakukan para preman. Ditilik dari penampilan yang urakan dan semau gue, biasanya hanya untuk gagah-gagahan saja dan ada yang yang berpenampilan biasa saja, yang ini adalah preman kelas pro (profesional), semua tampil layaknya orang kebanyakan berbaur dengan para pengguna jalan, pengamen dan anak jalanan. Karena memang yang tidak biasa memang tindakan melawan hukum yamg mereka lakukan. Kalau beruntung para preman ini akan terus menikmati segala yang mereka dapat, bila tidak maka mereka akan terkapar diatas aspal menjadi buln-bilanan massa atau meringkuk dibalik jeruji besi.

       Ada preman yang sukses dalam menjalani kehidupannya, meski hanya beberapa gelintir saja. Pepatah mengatakan "sesuatu yang panas akan cepat menguap", begitu pula dengan apa yang dihasilkan dari hal-hal panas tadi maka akan cepat pula habis. Hanya yang berhasil melewati ribuan rintangan yang akan merasakan gelimang kesuksesan dan mereka tak banyak, salah satu contoh adalah Hercules, seorang perantauan dari Timor di Jakarta.
Tersangka Preman Tersangka Preman Reviewed by TABUH GONG on 18:35:00 Rating: 5

49 comments:

  1. Preman sudah sangat meresahkan, apalagi preman yang berdasi, punya benkingan penguasa. Bertingkah semaunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti masalah kopasus kemarin mendukung ya mas hemm?

      Delete
    2. Saya mendukung kopasus, kalau tidak begitu Preman yang menjadi rajanya.

      Delete
    3. preman ntu sebenernya dari kata freeman om.
      jadi orang yang bebas,
      hanya saja dalam perkembangannya malah menjurus ke seseorang yang nggak bisa di atur dan menjurus ke kriminalitas :D

      Delete
  2. sekedar uneg-uneg saja sob, suara kita gak bakal bisa mengubah keadaan. trims komentnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagai pelampiasan amarah ya ? :) Kenyamanan sudah susah untuk didapatkan.

      Delete
  3. Harus di ratakan dengan bumi nich preman, bikin ngak nyaman aja. Eh tapi preman depan komplek gw malah baik2 lho hahaha

    ReplyDelete
  4. terkadang eksistensi preman juga penting dan dibutuhkan. Misalnya mereka bisa dijadikan sebagai bodyguard kita hehehe :D

    ReplyDelete
  5. @mas cumi...ladalah mas sendiri malah gak takut gitu kok
    @mbak wahyu.. berani bayar berapa nih

    ReplyDelete
  6. @mohamad rivai
    iya makanya saya kasih judul "tersangka preman", begitu yaa om

    ReplyDelete
  7. Dunia preman gak selamanya 'gelap'. Banyak diantara mreka yang akhirnya kembali tobat ke jalan yang benar. Dan mungkin lebih baik lagi dalam mengajak orang lain kepada kebaikan... :)

    ReplyDelete
  8. kalau di desa saya, preman itu profesi yg halal lho? contohnya jd preman di sawah pak Lurah, jd preman di sawah pak karjo...ngerjain bajak sawah, panne padi, panen jagung. nah..itu istilah preman di desa saya..

    ReplyDelete
  9. ya ya ya,
    yg paling utama jangan sampai melanggar hukum.
    atau jangan sampai ketahuan....wkwkk

    ReplyDelete
  10. Memang preman atau freeman orang berpandangan pasti negatif, tapi tidak semuannya saya rasa seperti itu. Kebanyakan karena keadaan tertentulah orang memeilih jadi preman.

    ReplyDelete
  11. law menurut aq, preman yang paling berbahaya di Indonesia ini adalah preman berdasi ,berwajah ustadz dan sewangi artis...... he he he
    salam buat admin.

    ReplyDelete
  12. lha itu yang paling sulit adalah pembuktiannya mbak Agnes, tapi dah ada polisi dan adapula KPK..Percayalah

    ReplyDelete
  13. konon kabarnya orang seperti hercules juga memulai segalanya dari hal yang kecil, hingga menjadi populer, namun tetap saja jadi incaran pihak berwajib atau lawan2-nya yang merasa dendam kepadanya, jadi itu bisa saya katakan bukan sesuatu yang sukses, karena masih merasa dirinya tidak aman :-)

    ReplyDelete
  14. dalam situasi ataupun kondisi apapun rasa tak nyaman tetap ada.. namun kalau materi berlimpah bukankah itu kesuksesan yang menentramkan.

    ReplyDelete
  15. Berkunjung Lɑ̤̥̈̊ƍΐ , dan ªķku̶̲̥̅̊ bukanlah Preman :)

    ReplyDelete
  16. makasih buat artikelnya...
    keep posting yak..

    ReplyDelete
  17. tapi ada juga preman yang kondisi hidupnya langsung berubah :) dapat hidayah~ #komen nggak nyambung

    ReplyDelete
  18. kalau sudah ketewmu dengan preman, lebih baik menghindar

    ReplyDelete
  19. Lanjutkan sob (y)
    jangan lupa mampir ya :v

    http://bisnisibc-gratiss.blogspot.com/

    ReplyDelete
  20. masih jaman ada pereman jaman sekarang ,, hadehh,,,,

    ReplyDelete
  21. Preman yang sobat maksudkan mungkin yang model 'jadul'... Hihihi

    ReplyDelete
  22. lama tak menyapa, mumpung masih suasana lebaran di bulan syawal, saya datang mengucapkan mohon maaf lahir batin, keep happy blogging always...salam kemerdekaan :-)

    ReplyDelete
  23. aku paling sebel kalo ada preman yang malak pedagang kaki lima

    ReplyDelete
  24. kelakuan orang jaman sekarang ada2 aja

    ReplyDelete
  25. Blog wallking :D Nice post :D
    Kunjungin juga yaah http://www.ariiff-rahman.com

    ReplyDelete
  26. seharusnya di jaman yang sudah serba modern ini tak ada lagi preman,,

    ReplyDelete
  27. mantap banget nih infonya,, terima kasih atas pencerahanya gan http://obatinpeksirahim.wordpress.com/index.php/obat-inpeksi-rahim-www-obat-inpeksi-rahim-wordpress-com/

    ReplyDelete
  28. Salam Kenal
    Tampilan blognya sangat menarik dan juga thank's untuk infonya
    aku tunggu info-info lainnya

    http://www.woodcharcoalbbq.com

    ReplyDelete
  29. informasi terpercaya tentang obat osteoporosis tradisional herbal alami ada di sini. Untuk selengkapnya silahkan kunjungi http://obatosteoporosistradisionall.wordpress.com/index.php/obat-osteoporosis-tradisionall-www-obat-osteoporosis-tradisionall-wordpress-com/

    ReplyDelete
  30. mantap banget nih infonya,, terima kasih atas pencerahanya gan http://obatherbalgondonganid.wordpress.com/index.php/obat-herbal-gondongan-www-obat-herbal-gondongan-wordpress-com/

    ReplyDelete
  31. Pengen yang lebih seru ...
    Ayo kunjungi www.asianbet77.com
    Buktikan sendiri ..

    Real Play = Real Money

    - Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
    - Bonus Mixparlay .
    - Bonus Tangkasnet setiap hari .
    - New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
    - Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
    - Cash Back up to 10 % .
    - Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

    Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
    - YM : op1_asianbet77@yahoo.com
    - EMAIL : melasian77cs@gmail.com
    - WHATSAPP : +63 905 213 7234
    - WECHAT : asianbet_77
    - SMS CENTER : +63 905 209 8162
    - PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

    Salam Admin ,
    asianbet77.com

    Download Disini

    ReplyDelete
  32. Premannya belum buat artikel baru juga :)

    ReplyDelete
  33. Ayo nulis lagi :-D
    Keren loh, udah banyak yang follow blognya :-)

    ReplyDelete
  34. sudah lama perasaan tidak berkunjung ke Blog Tabuh Gong hehehe... ternyata masih Eksis ya Kang :)

    ReplyDelete
  35. Iya nih mas ada semangat baru ini kali...moga nonjok . Terimakasih sudah mau mampir.

    ReplyDelete
  36. preman memang salah satu kelompok yang menjadi desahan warga, akan tetapi di tempat kami alhamdulillah bebas preman :)

    ReplyDelete
  37. preman memang salah satu kelompok yang menjadi desahan warga, akan tetapi di tempat kami alhamdulillah bebas preman :)

    ReplyDelete
  38. kalo di saya preman itu ya yang tukang malak itu mas, tukan jambret sama kemanan sawit. hehehe

    ReplyDelete
  39. Mudah-mudahan preman diberikan kesadaran atas segala kesalahan yang ia perbuat selama ini.

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.