Waspadai pencurian laptop

www.society6.com

       Tulisan ini saya buat untuk memberi peringatan kepada semua pengguna laptop ataupun smartphone lainnya. Berhubung kemarin tetangga saya mengeluhkan telah kehilangan laptopnya yang dia letakkan didalam rumah. Dan anehnya tak ada barang berharga lain yang hilang. Tetangga saya tersebut kehilangan laptop yang dia letakkan dimeja kerja, sementara dia sedang mandi dibelakang. Padahal didalam kamar sebelah suaminya sedang terbaring sakit dan anaknya tengah sarapan diruang makan. Menurut cerita tetangga sebelah, sebut saja pak Mamat, dia tadi melihat diteras rumah ada seorang gadis berseragam sekolah yang dikiranya adalah teman anak pemilik rumah. Jadi akhirnya setelah dikonfirmasi sama anaknya ternyata dia gak punya teman dengan ciri-ciri seperti yang disebutkan oleh pak Mamat. Akhirnya disimpulkan bahwa gadis tadilah orang yang telah mencuri laptop milik tetangga saya tersebut.

       Dari kejadian diatas saya jadi berpikir bahwa di jaman sekarang ini kita patut waspada kepada siapapun orang apalagi yang belum kita kenal. Jika kita tak mau kehilangan harta benda kita dirumah. Maling atau pencuri memang pandai memanfaatkan kelengahan kita, keteledoran kita. Disuatu waktu kita memang bisa sangat waspada dan penuh curiga tetapi dilain waktu bisa saja kita terlupa dengan faktor-faktor yang dapat membuat kita menjadi merasa tak aman. Dan setelah ada yang hilang, apalagi itu adalah benda kesayangan kita yang ada tinggal penyesalan saja. Hal itu akan lain ceritanya bila kita terus waspada dengan penjagaan keamanan.

     Nah untuk itu mulai sekarang perhatikanlah keamanan rumah kita dan seluruh isinya. Benda-benda yang berupa perhiasan dari emas dan uang atau surat berharga lainnya tentu sudah jadi prioritas utama untuk di(sembunyikan). Sedang untuk benda yang relatif bentuknya lebih besar seperti mobil atau sepeda motor cukup diparkir ditempat yang mudah dilihat dari dalam rumah atau diberi kunci pengaman tambahan. Sedangkan untuk benda yang bentuknya tidak terlalu besar seperti laptop ataupun smartphone dan sejenisnya, tampaknya memang harus lebih kita beri perhatian. Seringkali kita sembrono dengan menaruh laptop sembarangan karena merasa sudah berada didalam rumah. Kalau Handphone saya kira masih ada terselip dikantong meski juga kadang cuma digeletakkan begitu saja.

        Beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan demi keamanan laptop anda, terutama yang tempat tinggalnya dipinggir jalan diantaranya adalah :

    ¤¤ Begitu sampai di rumah sebaiknya mulailah waspada, seperti telah ditulis diatas. Letakkan laptop tetap ditempat yang dirasa paling aman, seandainya akan ditinggal kebelakang periksalah pintu depan apa masih terbuka. Pintu kamar juga harus dipastikan tertutup, jangan biasakan meninggalkan pintu kamar dalam keadaan terbuka.
    ¤¤ Hindari kebiasaan meletakkan laptop secara mencolok atau dapat terlihat dengan jelas oleh orang lain. Jadi yang berkesan pamer itu justru akan mengundang kejahatan.
    ¤¤ Pasangi rumah dengan alarm anti maling yang harganya relatif murah dipasaran. Alarm akan memberi tanda bunyi yang keras dan akan membuat maling menjadi panik dan berpikir ulang jika akan melanjutkan aksinya.
    ¤¤ Hati-hati jika ada tamu yang belum anda kenal. Tetaplah santun kepada tamu tersebut namun juga tetap menjaga kewaspadaan. Mungkin saja dia sedang menyelidiki situasi dan akan kembali ketika anda lengah. Tanyai juga surat ijin dari pak RT diwilayah anda.
    ¤¤ Andai rumah anda sudah dipasangi dengan kamera pengintai CCTV, itu tak menjamin laptop anda akan aman. Karena tak selamanya anda ada selalu didepan layar monitor, mungkin masih bisa merekam wajah pelaku tapi itu juga tak menjamin laptop anda yang telah dicuri akan kembali.

Demikianlah beberapa hal yang mungkin bermanfaat bagi kita agar kewaspadaan tetap terjaga. Mungkin bagi kalangan tertentu kehilangan sebuah laptop bukanlah hal yang besar. Tapi mungkin data atau file penting yang ada didalamnya juga akan turut hilang, akhirnya yang tinggal hanya penyesalan. Bukan bermaksud untuk saling mencurigai dan kita menjadi paranoid, namun alangkah nyamannya jika benda-benda kesayangan kita tidak mudah diambil begitu saja oleh pencuri.
Waspadai pencurian laptop Waspadai pencurian laptop Reviewed by TABUH GONG on 17:44:00 Rating: 5

12 comments:

  1. Selamat malam kawan, hadir untuk silaturahmi dan menyapa.

    ReplyDelete
  2. waduh kebetulan laptop saya baru nih,hhehee

    ReplyDelete
  3. wah mesti waspada, laptop tdak hanya brharga barangnya, tapi filenya jauh lebih berharga, mesti dijaga bener, thanks sob tipsnya

    ReplyDelete
  4. sebaiknya kita jangan menyepelekan tempat, dirumah sendiri bisa kemalingan apalagi di tempat lain, selalu waspada terima kasih sudah mengingatkan...

    ReplyDelete
  5. iya sob mesti hati-hati, dan jangan meletakan sembarangan

    ReplyDelete
  6. knjungan siang genk... trmakasi genk infonya sangat membantu.. emang benar jga genk kalu kita g mau khlang kta harus waspada..

    ReplyDelete
  7. Thanks sharingnya, gan!
    Salam kenal...Kalau berkenan mau ngundang untuk ikutan gabung dengan teman-teman lain yang sudah SUBMIT URL BLOG-nya ke Direktori Weblog Indonesia :)

    ReplyDelete
  8. wah nice post sob,makin nambah ilmu ane.,.
    #commentback

    ReplyDelete
  9. wah di dalam rumah, bnar2 harus lbh brhati2,. Trmksh sob share.x

    ReplyDelete
  10. nyimak sobat,,,yah kita mesti hati" sob karena skrg pencuri punya 1000 akal untuk membodohi kita
    makasih 4share

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.