Sun Yee On

www.gtasamp.meilleurforum.com

      Sun Yee On bisa dikatakan sebagai serikat pekerja kebenaran dan perdamaian dalam dunia komersial dan industri. Merupakan salah satu geng TRIAD terkemuka di Hong Kong dan juga China daratan, mempunyai anggota lebih dari 55.000 orang di seluruh dunia. Kelompok mereka diperkirakan juga aktif di Amerika, Inggris, Australia, Perancis, Belgia dan Belanda. Tidak tertutup kemungkinan juga mereka ada diberbagai pelosok dunia yang mempunyai komunitas Chinatown. Para anggotanya ada pula yang menyusup dalam pemerintahan di provinsi GuangDong, China daratan.

      Organisasi Sun Yee On dibentuk oleh Heung Chin Seorang pemuda dari wilayah Chin Chow pada tahun 1919. Dalam perkembangan selanjutnya organisasi ini memiliki link langsung ke pemerintah pusat China. Mereka terlibat dalam pemalsuan kartu identitas dan paspor, perjudian, perdagangan narkotika, human trafficking, prostitusi, penyeludupan dan pemerasan. Opeeasi mereka terutama melalui komunitas China di berbagai negara dan tercatat meluas ke Amerika, Kanada, Thailand, Austealia dan Amerika Tengah. Pada dekade 1950-an pendiri organisasi kriminal Sun Yee On ini dideportasi ke Taiwan, meskipun demikian dia dapat terus mengendalikan organisasinya tersebut dari seberang. Sun Yee On diperkirakan juga telah diambil alih oleh anak sulungnya, Heng Wah-Yim yang berprofesi menjadi seorang penegak hukum sebagai kedoknya.

       Hanya sedikit yang bisa diketahui dari organisasi kriminal Sun Yee On ini, orang mengetahuinya hanya dari berita-berita kriminal dan tamoaknya ada keterkaitan diantara peristiwa tersebut. Misalnya pada bulan Februari 1986, seorang mantan polisi Hong Kong bernama Anthony Cheng, yang kabarnya telah menjadi anggota dari Sun Yee On meminta perlindungan dari kepolisian. Ia di identifikasi sebagai Heng Wah-Yim, pimpinan TRIAD dan dari sini menyebabkan sebelas anggota polisi akhirnya ditahan karena terlibat kegiatan bersama TRIAD pada April 1987.Sementara dari dalam kantor Heng Wah-Yim polisi menemukan daftar 900 nama-nama orang yang diperkirakan sebagai anggota TRIAD, Sun Yee On.

       Pada bulan Oktober Heng Wah-Yim akhirnya dibawa ke sidang pengadilan bersama dengan lima orang anak buahnya., dan semua dinyatakan bersalah. Heng Wah-Yim sendiri menyangkal semua tuduhan dan menyatakan diri tidak bersalah. Bahwa dia hanyalah seorang pimpinan cabang dari 'Lion's Club' dan mengenai daftar sederet nama orang yang ditemukan dimeja kantornya tersebut, dia menyatakan mereka hanyalah orang-orang yang potensial bakal menjadi donatur. Seseorang bernama Chung bersama lainnya menjadi saksi dalam persidangan Heng. Tanggal 20 Juni 1988 pengadilan menyatakan bahwa kelima tahanan termasuk Heng Wah-Yim bersalah, Heng dijatuho hukuman 7 setengah tahun penjara dan dia dibebaskan setelah menjalani tahanan selama enam tahun.

      TRIAD termasuk Sun Yee On banyak menyusupkan anggotanya ke sejumlah perusahaan di kawasan Tsim Sha Tsui dan Yan Ma Tei, di Hong Kong. Mereka berperan menjadi "penyeimbang" di beberapa perusahaan tersebut.Indikasinya terlihat setidaknya pada tahun 2009, ketika salah seorang bos Sun Yee On bernama Lee Tai-Lung Lee, terbunuh didepan sebuah hotel Shangri La di wilayah Kowloon, Hong Kong. dia dibunuh oleh seorang anggota geng TRIAD Wo Sing Wo, geng saingan Sun Yee On. Lee Tai-Lung adalah korban dari serangan balasan dari geng Wo Sing Wo atas perintah Leung Kwok-Chun, seorang bos Wo Sing Wo senior dari kawasan Tai Kok Tsui. Dimana Leung Kwok-Chung pernah terluka dalam bentrok antar geng TRIAD di sebuah bar di Prat Avenue pada bulan Juli 2006.

       Menyusul kematian Lee Tai-Lung, tiga orang mantan pengikutnya menggantikan posisinya di top level organisasi Sun Yee On. Mereka bertekad mempertahankan kerajaan TRIAD itu dari gempuran geng lain. Ko Lat, seorang diantaranya adalah seorang anggota Sun Yee On dari poros merah yang beroperasi di wilayah Wan Chai. Dia tampaknya gagal mengembangkan pengaruhnya di sekitar pelabuhan. Tai Han, seorang pimpinan faksi lain dari Sun Yee On di wilayah Tuen Mun mencoba menyerobot wilayah operasi Lee di Kowloon barat dan Tsim Sha Tsui. Upayanya digagalkan oleh para agen kepolisian yang menyamar. Seiring dengan ditangkapnya 222 orang anggota geng Sun Yee On pada Januari 2012. Sementara dua tahun sebelumnya pada 2010 seorang pria berusia 29 tahun ditangkap polisi karena melakukan tindakan pencucian uang dan menjadi kaki tangan organisasi TRIAD.

       Seorang pria berkebangsaan Pakistan diduga mempunyai hubungan dengan organisasi Sun Yee On diburu karena dia adalah kunci dari adanya bentrok antar geng TRIAD. Sun Yee On merambah ke benua Australia dalam perdagangan "ice", sejenis kristal amphetamine model obat bius terbaru. Nama organisasi Sun Yee On sampai sekarang masih tetap beroperasi dibawah pimpinan "Ko Chun" yang menggantikan posisi Lee Tai-Lung Lee.
sumber wikipedia**
Sun Yee On Sun Yee On Reviewed by TABUH GONG on 20:03:00 Rating: 5

13 comments:

  1. berarti ini merupakan organisasi besar yang terlarang

    ReplyDelete
  2. mlm sob wah infonya sangat bermanfa'at sob

    ReplyDelete
  3. Triad SUn Yee di Hongkong dan China daratan...berarti Sun yee sangat luas jaringannya. Kira2, kalau dibandingan dgn Jhon Kei...? #halah nglantur

    ReplyDelete
  4. kunjungan malam gan....perasaan di indonesia juga kaya mulai menjamur tu y namanya TRIAD...walau skala kecil-kecillan

    ReplyDelete
  5. Brarti sampai detik ini organisasi itu masih aktif ya pak??


    salam,

    ReplyDelete
  6. nice ,,, !


    Kunjungan Baliknya Selalu Saya Tunggu, dan Jangan Lupa Untuk Menambahkan Saya Kedalam Lingkaran G+ Anda, Terima Kasih...

    ReplyDelete
  7. Informasi yang menarik sob, seperti itu ternyata organisasinya luas ya! :)

    ReplyDelete
  8. berhubung beberapa hari kemarin terdapat banyak komentar yg spamming, maka mulai sekarang komentar untuk sementara harus lewat verifikasi. terimakasih atensi sobat semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oo hh bgitu yahh... -_- .. keknya lebih bagus pke moderasi

      Delete
  9. di indonesia apakah ada organisasi semacam ini ya?

    ReplyDelete
  10. ada sob contohnya organisasi milik John Kei, 'Persaudaraan Kei' kalau tidak salah tulis,

    ReplyDelete
  11. kalau aku jadi pemerintah, akan ku brantas jika ada organisasi yang merugikan masyarakat

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.