Banner ads

Sekilas tentang negara Brazil


     Seorang navigator kapal Portugis bernama Pedro Alvarez Cabral tiba bi tanah Brazil pada bulan April tahun 1500. Disebuah tempat yang sekarang bernama Porto Seguro (pelabuhan yang aman) yang terletak di negara bagian Bahia. Saat mendarat di pantai yang belum dikenalnya tersebut, Pedro mengira sedang menginjak tanah sebuah pulau, lalu ia menamakannya Illha de Vera Cruz atau "pulau kebenaran Salib". Setahun kemudian datanglah seorang navigator yang lain berkebangsaan Italia, Amerigo Vespucci dalam sebuah misi pelayaran atas perintah raja Portugis. Amerigo Vespucci pulang ke Portugis membawa berita keberhasilan dan sekargo kapal penuh kayu yang mirip dengan kayu pau brasil. Dimana kayu pau brasil ini aslinya berasal dari India Timur (Indonesia). Kayu yang mirip pau brasil sangat populer di tanah Eropa sebagai bahan pembuatan furniture, pembuatan kapal dan alat musik biola. Dan kayu "pau brasil" ini adalah komoditi pertama yang dieksploitasi Portugis dari wilayah jajahan barunya. Oleh para pedagang kemudian tanah baru penghasil kayu yang mirip dengan pau brasil dikenal sebagai Brazil.

      Portugis resmi menjajah Brazil pada 1530. Karena luas wilayah dan "keanehan" lingkungannya Portugis mengalami kesulitan dalam mengelola jajahannya. Wilayah yang dekat dengan pantai saja yang mereka kuasai, selebihnya adalah hutan belantara Amazon yang tak terjamah. Dimana banyak tinggal dan hidup puluhan suku indian dengan beragam budayanya. Selama masa penjajahan ini banyak didatangkan penduduk Brazil dari tanah Afrika sebagai budak pekerja di perkebunan. Dan juga imigran dari Eropa dan Asia terutama Jepang, mereka datang ke tanah Brazil sebagai pedagang.

      Brazil memproklamirkan kemerdekaannya dari Portugal tahun 1822. Brazil yang merdeka merupakan negara yang memiliki wilayah paling luas di benua Amerika selatan. Negara ini dibagi menjadi lima wilayah : Norte (utara), Nordeste (timurlaut), Centro-Oeste (barat tengah), Sudeste (tenggara), dan Su I (selatan). Pembagian wilayah ini berfungsi untuk memudahkan administrasi kepemerintahan. Masing-masing wiayah mempunyai keunikan budayanya. Wilayah timur laut populasinya didominasi keturunan Afrika. Sementara daerah tenggara populasi terbesar adalah keturunan Eropa dan sebagian keturunan Jepang.
Sebagian diantara mereka melakukan perkawinan campur antar ras dan menghasilkan keturunan ras campuran. Selain itu juga terjadi percampuran budaya yang membuat variasi budaya Brazil menjadi beragam. Sebagian orang mengatakan bahwa Brazil adalah negara atau bangsa yang unik. Di samping itu secara ekonomi wilayah utara bisa dikatakan sebagai wilayah yang miskin. Sementara wilayah selatan dan tenggara dengan kota-kota besarnya seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo, adalah wilayah yang lebih makmur. Perbedaan yang kontras ini terkadang membuat Brazil terbelah menjadi "dua Brazil" atau "Belindia".

Kekontrasan ini diterjemahkan secara negatif stereotype. Ketika penduduk Sao Paulo mempersalahkan adanya kemiskinan dan tingginya agka kriminalitas disebabkan oleh para pendatang dari utara. Mereka yang menganggap dirinya sebagai orang baik-baik dan pandai, terutama penduduk Sao Paulo dan Rio de Janeiro. Tradisi yang panjang itu juga menganggap orang-orang dari kota kecil dan pedalaman disebut sebagai orang yang tak berpendidikan dan orang udik (ndeso).
Kaum kelas menengah Brazil biasanya kurang familiar dengan wilayah pedalaman, negara mereka sendiri. Mereka menggambarkan wilayah tersebut sebagai wilayah yang tak henti-hentinya dirundung kemiskinan dan keterbelakangan. Adalah tempat-tempat yang seharusnya mereka hindari. Sebagai konsekuensinya ialah para warga kelas menengah ini lebih memilih berkunjung ke luar negri daripada mengunjungi tempat wisata lokal negaranya sendiri.
Orang Brazil menyadari perbedaan kawasan pedesaan dan perkotaan ini, yang erat menunjukkan tempat lahir mereka. Semisal sebutan Nordestino (orang-orang dari timur laut) atau Miniero (orang-orang asli negara bagian Minas Gerais). Ada juga sebutan Carioca untuk penduduk asli kota Rio de Janeiro. Namun demikian orang-orang Brazil berbagi dalam hal budaya nasional mereka dan menjadikan Brazil sebagai salah satu negara yang memiliki keanekaragaman budaya. Warisan dari bangsa Portugis baik bahasa, agama dan pelayanan hukum untuk mempersatukan wilayah Brazil yang luas serta penduduknya. Sampai pertengahan abad 20 hampir semua penduduk Brazil beragama Katolik, berbahasa Portugis dan mengidentifikasikan diri sebagai bangsa dan berkebudayaan Brazil.
Sekilas tentang negara Brazil Sekilas tentang negara Brazil Reviewed by seno on 10:19:00 Rating: 5

29 comments:

  1. Artikel yg sangat bagus, menambah pengetahuan saya .terima kasih

    ReplyDelete
  2. kang .......... brazil sama meksiko bebas mana? soalnya di film fast to varius mengambil katanya brazil bebas. tapi di film2 mafia di meksiko

    ReplyDelete
  3. @ penyuluh perikanan=> trims juga sobat happy blogging
    @ Rynem =>kultur hampir sama sob..cuma mexico budayanya kena pengaruh spanyol...sedang brazil pengaruh portugis samgat nyata.

    ReplyDelete
  4. http://curhatz.blogspot.com/ : thread yang menarik ... tapi saya masih bingung nih Om

    ReplyDelete
  5. wah, nice info. aku baru tau fakta2 tentang brazil, nih :)

    ReplyDelete
  6. Yang saya suka dari Brazil adalah sepakbolanya :)

    ReplyDelete
  7. nambah lagi gudang sejarah dunia :D

    by the way.. kok bisa ya orang brazil bisa main bola seindah yang kita liat di tipi, kira2 siapa ya pencetus persepak bolaan brazil :D

    ReplyDelete
  8. ya begitulah budaya sob.. menciptakan talenta dibidang masing masing ..contohnya sepakbola .. brazil menelorkan banyak bintang sepakbola yg mendunia. trims kunjungannya sob...
    happy blogging.

    ReplyDelete
  9. Memang di Brazil banyak khatolik dan memiliki budaya yg kompak
    artikel yg menarik menambah wawasan
    terima kasih kawan

    ReplyDelete
  10. jadi semakin tahu dengn kota brazil sobat...

    ReplyDelete
  11. mampir gan :D

    saya mengajak blogwalking selalu dengan para blogger :)

    ReplyDelete
  12. kalau bahas brsail..yg teringatnya tarian Samba..hehhee

    ReplyDelete
  13. nice artikel sob ,...''

    http://blog.teliti.net/

    ReplyDelete
  14. anak2 laki kalo di brazil,pas baru lahir dikasih bola kali ya..makanya mereka jago2 maen bolanya...menurut saya lo

    ReplyDelete
  15. aku kesini mau follow, eh ternyata sudah euy.
    yang aku tau sejak mereka menikah, selalu berniat memiliki anak laki-laki yang jago bola, karena dengan bola lah mereka bisa kaya raya.

    ReplyDelete
  16. infonya sangat bermanfaat gan..nice posting

    ReplyDelete
  17. pau brasil berasal dari Indonesia,dan Pau Brazil sudah lama tumbuh di tanah Brazil,
    karena berdasarkan postingan ini, Amerigo Vespucci membawa pulang Pau Brazil ke Portugis pada tahun 1500-an,
    lalu sejak kapan Pau Brazil dibawa dari India Timur (Indonesia) ke tanah brazil...apakah sebelum tahun 1500-an sudah pernah ada orang dari India Timur yang menjelajah hingga ke tanah Brazil, atau suku asli tanah Brazil yang menjelajah ke India Timur (Indonesia)..

    ReplyDelete
  18. semasa kerajaan majapahit pernah ada pelayaran sampai madagaskar (dari nama gajahmada dan skar????)
    ada pula yg sampai ke jepang. bahkan kepulauan di samudera pasifik. kalau untuk kayu pau brasil mungkin saja berasal dar kepulauan maluku atau sulawesi.

    ReplyDelete
  19. beragam ilmu beragam sejarah dari berbagai negara ternyata asyik juga dibahas untuk menambah masukan baru...... suka deh artikelnya :)

    ReplyDelete
  20. info buat persiapan piala dunia 2014 ya..? Kalo sebut Brazil aku malah ingat event besar di tahun 2014 nanti..

    ReplyDelete
  21. waw, kayu pau indonesia bisa sampai brazil, bangga deh.

    #salam terhangat dari Mr.DHI

    ReplyDelete
  22. posting yang sangat bagus, dan bermakna sekali, jadi tau saya asal usul nama brasil.

    ReplyDelete
  23. Baru tahu mas...ternyata beasil pernah di jajah purtugal... :)

    Ada pengaruhnya ga ya...buat perkembangan sepak bola nya...hehe

    mantap mas..buat infonya :)

    ReplyDelete
  24. Di selatan brasil, sbagian besar penduduknya adalah kturunan italia, jerman, polandia dan eropa timur lainya :) namun banyak juga orng kturunan asia sprti jepang, korea dan cina serta kturunan" arab dngan jumlah signifikan.

    ReplyDelete
  25. 40% orng brazil itu orng kulit putih (portugis, italia, spanyol, jerman, polandia, dan eropa lainya) 10% kturunan arab (lebanon, syria) 30%+ campuran, 8% afrika, 2% asia (jepang, korea, china)
    Brazil mrupakan ngara dngan populasi orng kturunan arab, jepang, italia dan litunia trbesar diluar timur tengah dan ngara mreka

    ReplyDelete
  26. Thank you very much for sharing information that will be much helpful for making coursework my effective.

    ReplyDelete

Link Video Youtube, Mohon Review...tks
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://www.youtube.com/user/Gulagola/videos
JANGAN LUPA SUBSCRIBE YAA ..