INISIAL TERSANGKA



" ... Polisi berhasil menangkap 5 kawanan perampok yang telah merampok sebuah toko emas dan membawa kabur 7 kg emas. Ada yang sudah pernah merampok 9 kali. Ada yang baru 3 kali di Bogor dan sekali di Jakarta. Terutama sekali mereka selalu merampok di kawasan elite. Mereka adalah ES, MT dan EP yang membentuk satu kelompok. Sementara kelompok lain yang tertangkap adalah berinisial PB dan SP. Dengan demikian masih ada 6 orang buron lagi. " Mereka ini semua sebenarnya satu grup. Tapi bekerja secara berkelompok yang lebih kecil." ujar seorang reserse.. "

       Diatas adalah sepenggal berita tentang penangkapan sekawanan perampok di Jakarta beberapa tahun yang lalu. Disebutkan disitu para perampok tidak disebutkan nama dengan lengkap. Tapi hanya ditulis dengan inisial dua huruf besar saja. Kenapa demikian ? Sebenarnya bagi kita para pembaca pun menjadi merasa aneh atau kurang sreg, begitu sampai pada inisial pelaku, seperti ada informasi yang hilang.

       Mungkin diantara pembaca dan sobat sudah terlintas dalam benak mendapat jawabnya. Mungkin juga jawaban adalah karena para perampok (sebutan ini sesuai putusan bersalah dari pengadilan), masih dalam proses peradilan atau masih dalam daftar pencarian orang. Meskipun para pelaku tersebut sudah berada dalam tahanan pihak kepolisian. Disini berarti bahwa orang tersebut masih dalam status tersangka. Untuk kasus tertentu para tersangka dapat saja menggugat penulis berita, seandainya menulis nama pelaku secara lengkap. Sudah tentu tuntutannya adalah pencemaran nama baik.

       Dalam sebuah proses peradilan terhadap orang atau institusi, selalu dipertemukan antara dua pihak yang bersengketa. Atau pula korban dengan tersangka pelakunya. Keduanya masing-masing didampingi perangkat peradilan, kemudian dibacakan tuntutan, pembelaan masing-masing dan akhirnya hakim yang memutuskan dengan pertimbangan. Ada kemungkinan nanti salah satu keputusan hakim memerintahkan pembersihan nama baik bagi pelaku. Selama itu pula dipakai asas praduga tak bersalah terhadap pelaku kejahatan.
Jelas disini bahwa penyebutan untuk pelaku kejahatan masih tersangka, karena belum terbukti bersalah. Maka untuk penyebutan nama tersangka dalam pemberitaan sebaiknya memakai inisial. Kalau tidak,bisa saja penulis dapat kesandung masalah.
(dari berbagai sumber)
INISIAL TERSANGKA INISIAL TERSANGKA Reviewed by TABUH GONG on 01:57:00 Rating: 5

31 comments:

  1. widih gila membawa kabur 7 Kg emas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dibuat santunan anak yatim + orang miskin se DKI mungkin bisa terpenuhi mas..

      sugeng riyadi, sedoyo kalepatan nyuwun ngapunten mas Admin :)

      Delete
  2. @Asis Sugianto=> Itu kejadian nyata sob

    ReplyDelete
  3. oalah jadi kalau salah nulis malah bisa di tuntut balik yah

    ReplyDelete
  4. @Hzndi=> enggak gitu sob, tapi statusnya kan belum jelas.

    ReplyDelete
  5. oh ternyata ada alasan dibalik penulisan inisial. baru tau saya.

    ReplyDelete
  6. @Triando=> yah kira kira begitu sob

    ReplyDelete
  7. inisial itu untuk mendukung azas praduga tak bersalah

    ReplyDelete
  8. setelah terbukti bersalah, biasanya media massa sudah tidak memberitakan lagi...jadi kita benar-benar kehilangan informasi :)

    ReplyDelete
  9. Oh ternyata begitu toh alasan penulisan sebuah inisial ..Saya kira karena males nulis lengkap...

    ReplyDelete
  10. disamping inisial juga fotonya biasanya ditandai blok item biar tak jelas wajahnya. oke oke

    ReplyDelete
  11. hadir disini untuk meramaikan..^_^

    ReplyDelete
  12. . . kalau kayak gitu. mendingan tanyaan aja langsung kpelakunya. minta di inisialkan apa. he..86x. upzZz,, udah tau dia malu, tapi kok masih aja nyuri. huhh . .

    ReplyDelete
  13. Salah nyebut malah jadi petaka ya mas....

    Oh ya Di hari yang baik ini saya pingin ucapin
    Selamat Hari Raya Idul Fitri
    Minal Aidin Wal Faidzin
    Maaf Lahir Bathin

    ReplyDelete
  14. mohon maaf lahir bathin dari saya mas..
    Taqabbalallaahu minna wa mingkum..
    Taqabbal yaa kariim...

    ReplyDelete
  15. @@@ Saya selaku admin TABUHGONG mengucapkan :

    SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1433 H, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN

    ReplyDelete
  16. Pantesan kasus2 korupsi inisialnya doang yg di muat, jadi itu toh yg di takutkan

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
    dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
    bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
    Wassalam

    ReplyDelete
  18. Tapi Hukum skrang kaya permainan aja kang... walaupun udah terbukti tapi tetep saja inisialnya "tersangka"
    oya Selamat hari lebaran, mohon maaf lahir batin :) Semoga esok Allah mensucikan hati, jiwa, pikiran, serta lahiriah kita. Amin Ya Rabbal Alamin..

    ReplyDelete
  19. Itu menyamgkut HAM si pelaku juga, berhak mendapat perlindungan "nama baik" selama proses persidangan. Tapi pihak yang berwajib juga harus transparan ketika putusan sudah diambil.

    Mial aidin wal faidzin :)

    ReplyDelete
  20. selain inisial setau gw juga pake nama samaran biasanya. oh jadi digunakan inisial dan samaran di publik itu biar gak mencemarkan nama baik ? pdhl kelakukan buruk gitu -____-

    Mohon Maaf Lahir Batin ya :)

    ReplyDelete
  21. oh gitu yah bang, ane kira gitu :)

    ReplyDelete
  22. Selamat hari raya idul fitri
    mohon mav lahir n bathin :)

    ReplyDelete
  23. mampir nih sobta mengucapkan Minal aidin Walfaidzin mohon maaf lahir dan bathin sobat...

    ReplyDelete
  24. datang, diam dan duduk mendengarkan ^^ hehe

    ReplyDelete
  25. hadir lagi mencari ketupat lebaran :)

    ReplyDelete
  26. hadir membawa senyuman gan :D hehehe

    ReplyDelete
  27. @Cirebon CyberArt=> trimakasih,

    ReplyDelete
  28. emas apa beras tuh yg di bawah kabur,

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.