Mengenal tentang budaya Italia 3

www.bakpakguide.com

        Melengkapi post tentang bangsa Italia dan sedikit tentang adat kebiasaan orang Italia, yaitu Mengenal tentang bangsa Italia yang membahas tentang sejarah dan strata sosial masyarakat Italia. Dan Mengenal tentang bangsa Italia 2 yang membahas masalah budaya dan etika bangsa Italia. Maka disini akan kita bahas tentang masalah bisnis dan perdagangan.

ETIKA BERBISNIS DAN PROTOKOLER DI ITALIA

Hubungan dan komunikasi dengan relasi

Dalam melakukan hubungan bisnis dengan orang Italia yang perlu diketahui adalah bahwa mereka lebih memilih berbisnis dengan orang yang telah mereka kenal dan mereka percayai. Terlebih untuk pihak ketiga akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk membuktikan bahwa mereka bisa diajak bekerja sama. Maka dari itu sangatlah penting untuk selalu menghabiskan waktu bersama guna menjalin hubungan. Orang italia lebih suka bertatap muka secara langsung dengan calon koleganya. Dengan begitu mereka bisa mencari tahu tentang koleganya dan mereka sangat menginginkan itu. Selayaknya seseorang yang baru berbisnis dengan anda, untuk mengenal lebih dekat.

Penampilan menjadi perlu disini karena orang Italia sangat memperdulikan kesan, terlebih bila baru pertama kali bertemu. Dan setelah itu hubungan bisnis akan berlanjut sepanjang waktu, membentuk semacam jaringan yang permanen antar kolega bisnis. Perlu difahami pula mereka sangat intuitif, sebagaimana anda harus bisa meyakinkan mereka supaya anda bisa disukai dan dipercaya. Sediakan waktu untuk bertanya tentang kolega bisnis dan minat mereka, hal ini sangat membantu menjalin hubungan. Kontak secara personal diijinkan untuk mendahului sebuah pertemuan. Jangan dikesampingkan juga bahwa orang Italia sangat ekspresif dalam berbicara, mempergunakan kata-kata yang terpilih, fasih, emosional dan demonstratif. Seringkali mereka menggunakan mimik dan gerakan tangan untuk menjelaskan sesuatu.

Etika pertemuan bisnis

Beberapa hal yang mendasar dan sangat penting dalam berbisnis dengan kolega orang Italia adalah :
    >>> Surat perjanjian atau persetujuan harus dibuat tertulis (di Italia) dua atau tiga minggu sebelumnya, lalu konfirmasi balik lewat telepon atau faximili.
    >>> Banyak perusahaan tutup sementara atau libur musim panas pada bulan Agustus. Dan jika masih tetap buka maka para pekerja asli orang Italia pasti akan mengambil cuti untuk berlibur. Jadi buatlah jadwal yang bijak tentang hal ini.
    >>> Di Italia bagian utara ketepatan waktu dipandang sebagai sebuah kebajikan, dan hubungan bisnis anda akan lebih dihargai bila tepat waktu.
    >>> Goal dari pertemuan harus memperhatikan rasa kehormatan dan kepercayaan dari kolega bisnis Italia anda. Sediakan pula salinan copy dari proposal bisnis dalam dua bahasa, bahasa anda dan dalam bahasa Italia.
    >>> Bawalah penerjemah jika bahasa Italia anda kurang memadai.
    >>> Sangat wajar ada interupsi selama presentasi dan atau pembicaraan tak perduli siapa pembicaranya. Orang-orang sangat ingin suara mereka didengar oleh orang lain, bukan karena mereka sedang marah.
    >>> Meskipun agenda tertulis selalu sudah dijadwalkan, mungkin mereka kadang tak mengikutinya, malah melompatinya dan membicarakan diskusi lebih lanjut. Keputusan tidak ditentukan dalam pertemuan, seolah pertemuan tadi hanyalah untuk menyampaikan ide dan membiarkan orang mengungkapkannya dalam forum.

Negosiasi bisnis

Di Italia bagian utara, orang langsung ke pokoknya karena waktu adalah uang. Dan langsung bertransaksi bisnis setelah melalui periode yang singkat dalam perbincangan sosial. Sementara di wilayah selatan orang mesti bertemu secara intens untuk bisa mempertahankan hubungan bisnis, orang harus memahami benar siapa yang sedang diajak berbisnis.

Selalu mengijinkan kolega Italia anda merancang sebuah negosiasi dengan anda. Ikutilah kemauan mereka ketika perbincangan mengarah kembali ke bisnis. Orang Italia terbiasa memilih melakukan bisnis dengan orang atau kolega yang mempunyai ranking tinggi. Dan negosiasi sering diperpanjang. Hirarki adalah pilar bisnis dari orang Italia, mereka menghormati kekuasaan dan usia anda. Jangan pernah mempergunakan taktik penjualan yang terlalu menekan. Selalu mencoba mematuhi dengan bahasa persetujuan yang verbal.
Kegagalan mengikuti komitmen akan menghancurkan sebuah hubungan bisnis. Perdebatan dan adu argumen yang panas seringkali menghabiskan waktu dalam sebuah pertemuan, ini adalah cara untuk menyalurkan ide atau gagasan. Tawar wenawar harga dan waktu pengiriman menyesuaikan. Dan keputusan kadang ditentukan pada bagaimana anda dilihat oleh orang lain daripada obyek bisnis yang kongkret.
Etika berbusana dan penggunaan kartu bisnis
Orang Italia sangat memperhatikan cara berbusana, mereka menyesuaikan keadaan, musim dan acara. Tidak sembarangan mengenakan busana misalnya hanya bercelana pendek saja, berbusana adalah sebuah ekspresi mereka. Berbusana rapi dan bagus diprioritaskan di Italia. Dalam berbisnis pun busana menjadi sesuatu yang tak boleh dilupakan, para pria ,harus mengenakan setelan gelap dengan jaket ala konservatif dalam menghadiri pertemuan bisnis. Selanjutnya bagi wanita harus juga mengenakan setelan yang konservatif dan menyesuaikan. Tak lupa pula kenakan asesoris yang elegan.

Bertukar kartu bisnis biasanya dilakukan setelah perbincangan pada sebuah perkenalan. Lihatlah dengan seksama kartu bisnis mereka sebelum anda mau menyimpannya di dompet, jadi anda pun punya hak yang sama untuk menerima atau menolak pemberian kartu bisnis itu. Sangat bagus apabila menyertakan terjemahan dalam bahasa Italia pada kartu bisnis anda. Jika anda lulusan perguruan tinggi cantumkan kedalam kartu bisnis anda. Dan pastikan titel anda tercantum, mereka akan menyukainya. (sumber gambar : google, sumber tulisan)
Mengenal tentang budaya Italia 3 Mengenal tentang budaya Italia 3 Reviewed by TABUH GONG on 09:54:00 Rating: 5

17 comments:

  1. ditunggu info dari negara lain, kalo bisa negara amerika latin

    ReplyDelete
  2. @Muhammad A Vip=> thanks sob atas kunjungannya

    ReplyDelete
  3. kalo orang sana, keinginan untuk memahami kita sebagai lawan bicara, besar banget lho. cuma kalo kita ketauan nggak ndengerin, wajahnya suka berubah. hehe

    ReplyDelete
  4. patut dijadikan contoh tapi kartu bisnisnya sayang belum ada :( hehehehee :D

    ReplyDelete
  5. mereka pun kalau tahu adat istiadat kita pasti juga minder, sama hihi

    ReplyDelete
  6. sukses follback nya gan heheheeh mksh ya

    ReplyDelete
  7. hampir sama dgn org jepun ye modelnya, nice info anyway :)

    ReplyDelete
  8. wahh menarik juga nih mengenai budaya negara khas pizza ini :)

    ReplyDelete
  9. hmmm,,, begitu ya...
    Apa benar cewek2 italy itu katanya setia?

    ReplyDelete
  10. buat jaga-hjaga nih siapa tahu nanti sy ke Itali sobat,, ngarep

    ReplyDelete
  11. Kapan ya ke Italia....belum terpikirkan,hehe!

    ReplyDelete
  12. nanti kalau ada uang coba pakai info ini agar bisa berinteraksi dengan budaya italia

    ReplyDelete
  13. yang aku tahu ttg italy cuman mafia, pizza, sepakbola dan Totti

    ReplyDelete
  14. Budaya Italia yang berhubungan dengan baju apa ya?

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.