Mengenal tentang bangsa Italia


Bendera Italia

Sejarah negeri Italia

* Republica Italiana

Orang Romawi memakai nama Italia untuk menyebut orang Italia yang tinggal di semenanjung Italia. Sebagaimana diketahui Italia pernah diinvasi oleh bangsa lain. Orang Ethrus di Tuscany tinggal di Roma dan Umbria. Sementara bangsa Yunani menguasai wilayah selatan. Orang Yahudi memasuki Italia selama periode Romawi republik dan suku-suku Germanic datang setelah kejatuhan Romawi. Bangsa-bangsa Mediterania, orang Yunani, Afrika utara, orang Phoenix masuk ke Italia dari selatan.

Kerajaan Byzantium menguasai bagian selatan semenanjung itu selama ratusan tahun sampai abad 9 Masehi. Pulau Sisilia juga telah berulang kali ditaklukkan oleh bangsa-bangsa lain, termasuk Saracen, orang Normandia dan bangsa Aragon. Tahun 1720, bangsa Austria memerintah pulau Sisilia dan pada waktu yang sama pula mengendalikan Italia bagian utara. Dan dalam perkembangan sejauh itu menyebabkan terjadinya percampuran etnis yang berkelanjutan.

* Hubungan bahasa dan etnis

Roma menjadi ibukota Italia yang dipilih tahun 1871, ketika negara Italia modern dibentuk setelah anesasi Paval states, Roma dikenang Italia sebagai lambang kemegahan dan kesatuan dibawah Romawi dan posisinya sebagai pusat Gereja Katolik.

Mayoritas penduduk Italia adalah bangsa Italia, ada juga etnis keturunan Perancis-Italia, Slovenia-Italia, Yunani-Italia dibagian selatan. Keberadaan etnis ini tercermin dari bahasa Germanic yang dituturkan di wilayah Trentino. Bahasa Perancis dipakai di wilayah Valle d'costa, sementara bahasa Slovenia banyak yang menggunakan di wilayah Gorizia dan Trieste.

Bahasa resmi pergaulan sehari-hari adalah bahasa Italia. Berbagai versi dialek juga dipakai, tapi bahasa Italia-lah yang diajarkan di sekolah. Dan digunakan secara umum dalam bisnis dan pemerintahan. Bahasa Sisilia sangat dipengaruhi bahasa Yunani, Arab, Latin, Italia, Normandia, Perancis dan masih banyak pengaruh lainnya. Pada umumnya hanya bisa difahami oleh penuturnya saja di Italia. Mereka tinggal di kantong-kantong wilayah mayoritas keturunan Germanic, Slovenia, Perancis dan penutur lain.

* Simbol Patriotisme

     Patriotisme di Italia berarti secara luas adalah sebuah kenyamanan. Loyalitas terhadap kampung halaman yang bertahan hingga saat ini, karenanya bangsa Italia dapat dikenali dari ekspresi geografiknya ( sebagai misal : identitas orang dari Italia selatan mempunyai hal yang berbeda dari orang dari utara ).

Lagu kebangsaan "Fratelli d'lalia", selalu dinyanyikan pada event-event besar berskala internasional. Merah, hijau dan putih adalah warna bendera Italia yang berlaku bagi seluruh warga Italia. Tapi hal itu tak terlalu kuat ikatan dan semangatnya dibandingkan dengan ikatan dan semangat pada keluarga besar. Oleh karena itu para politisi membuat banding untuk kesetiaan pada bangsa yang berdasarkan pada kesetiaan pada keluarga dan menekankan hubungan patria (tanah air).


Strata sosial masyarakat Italia
* Kelas dan kasta

Terdapat banyak perbedaan yang nyata antara Italia bagian selatan dan utara. Ada juga kelas sosial orang biasa yang dapat dijumpai dalam masyarakat industri. Italia punya tingkat rata-rata tinggi tentang pengangguran dan perbedaan antara kaya dan miskin. Sebagai catatan, para imigran/pendatang sangat menonjol sejak mereka datang dari negara-negara miskin. Pemerintah Italia telah mempunyai jaringan untuk kesejahteraan masyarakat yang dananya dialokasikan dari pemotongan anggaran beberapa tahun belakangan sesuai persyaratan dari Uni Eropa. Anggaran ini akhirnya diperuntukkan bagi kaum miskin di Italia.

* Simbol-simbol strata sosial

Berbicara adalah penanda batas sosial di Italia. Pendidikan tinggi dan perkembangan seseorang berhubungan dengan kemampuan berbicara seseorang. Bahasa dan dialek yang digunakan dan hal tersebut menunjukkan kelas sosial si pembicara. Gaya berpakaian, pemilihan makanan dan hal-hal rekreatif. Dan tingkat sosial lain juga berlaku, pakaian karya designer Armani, Versace dan designer fashion lainnya menjadi simbol kelas dan itu jauh dari jangkauan orang miskin.

terdapat pula kelas dalam hal makanan tertentu, lebih bergengsi daging sapi muda untuk steak dari daging sapi tua. Meski pasta dan roti masih menjadi makanan pokok bagi semua kelas. Dan juga jumlah daging yang tersedia dalam rumah menandakan strata sosial yang berkelas.


* Kebiasaan orang Italia

Sedikit yang bisa disampaikan disini mengenai kebiasaan orang Italia, namun sebagai satu contoh adalah mereka suka spagheti sebagai makanan populer. Dalam berbagai etiket perjamuan makan sering wanita lebih diutamakan. Para wanita dipersilahkan mengambil makan terlebih dahulu, terutama tuan rumah dulu, baru para pria menyusul setelahnya.
Lain lagi sewaktu ada orang bersin, orang disebelahnya pasti bilang "Saerwei". Bersin adalah hal yang kurang sopan di Italia, oleh sebab itu orang yang bersin harus segera meminta maaf kepada orang-orang disebelahnya.
Sedang bagi orang Italia yang mati maka mayatnya akan dimakamkan tidak dikremasikan.
Mengenal tentang bangsa Italia Mengenal tentang bangsa Italia Reviewed by TABUH GONG on 19:49:00 Rating: 5

11 comments:

  1. jadi tahu nih tentang orang italia

    ReplyDelete
  2. terima kasih mas, atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. LinkQ kok belum ada yang sobs???

    ReplyDelete
  4. makasih sob tunggu ya, ntar kupasang linknya. thanks juga dah mampir

    ReplyDelete
  5. blog pengetahuan nih. great. langsung ane follow ya.
    makash kunjungannya. :)

    ReplyDelete
  6. Ilmunya slalu baru disini makasih mas, bacaan baru terus buat saya :)

    ReplyDelete
  7. ulasam yang sungguh menarik mengenai bangsa Italia :)

    ReplyDelete
  8. Wah jadi mengerti kenapa banak legenda sepakbola italia yang setia pada klubnya, karena keluarga adalah yang utama bagi mereka

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.