Mengenal tentang bangsa Italia 2

www.linkedin.com

Budaya dan masyarakat Italia


* Nilai-nilai Kekeluargaan orang Italia

Keluarga bagi bangsa Italia adalah pusat dari struktur sosial dan memberikan pengaruh menstabilkan bagi tiap anggota keluarga. Pada wilayah utara Italia umumnya hanya anggota inti keluarga yang tinggal bersama, yaitu ayah, ibu dan anak-anak. Sedangkan di wilayah selatan terkadang seluruh anggota keluarga dari kakek nenek sampai cucu tinggal bersama-sama. Keluarga menyediakan dukungan emosional dan finansial bagi para anggotanya.

* Gaya orang-orang Italia

Penampilan sangat penting bagi orang Italia, apa yang dikenakan mencerminkan status sosialnya, latar belakang keluarganya dan tingkat pendidikan. Konsep 'bella figura' atau imej bagus sangat penting, kesan pertama adalah harga mati. Mereka tanpa sadar menilai usia orang lain dan posisi sosial dalam beberapa detik setelah bertemu, sering malah sebelum mengucap sepatah katapun.

Mereka sangat sadar dengan fashion dan menilai orang orang dari penampilannya. Anda akan dihakimi karena pakaian, sepatu, assesoris dan pembawaan diri anda.
Bella figura adalah lebih dari sekedar berpakaian dengan baik. Penampilan anda mencerminkan aura anda juga, kepercayaan diri, gaya, sikap dan lain-lain.

* Keagamaan

Agama yang dominan dianut oleh masyarakat Italia adalah Katolik Roma. Ada banyak berdiri gereja-gereja Katolik per kapita di Italia dibandingkan dengan di negara lain. Meskipun pengunjung gereja relatif sedikit, pengaruh dari gereja masih sangat kuat.

Banyak gedung-gedung perkantoran mempunyai salib atau patung religius di setiap lobbynya. Setiap satu hari dalam setahun mempunyai setidaknya satu patron santo yang dikaitkan. Anak-anak diberi nama sesuai nama santo pelindung dan mereka merayakan hari Santo seperti merayakan hari ulang tahunnya sendiri. Setiap perdagangan dan profesi mempunyai masing-masing santo pelindung.

Hirarki susunan kegerejaan dapat terlihat pada semua hubungan orang-orang Italia. Mereka menghormati dan mengabdi pada yang lebih tua. Bagi yang menggapai kesuksesan dalam bisnis dan mereka datang dari orang yang mempunyai hubungan baik antar keluarga.

Etiket dan adat di Italia

* Etika pertemuan

Ketika anda bertemu dengan rekan, sahabat, relasi yang orang Italia. Hal-hal yang patut di perhatikan antara lain :

    ~ Sapaan dan salam dilakukan dengan penuh antusias meski agak formal.
    ~ Berjabat tangan dilakukan sambil menatap mata dan tersenyum terhadap orang belum lama dikenal.
    ~ Saat hubungan telah terbentuk, salam sapa dilakukan dengan saling memeluk dan menempelkan pipi kiri-kanan, sering juga sambil menepuk punggung bagi para pria.
    ~ Tunggulah dengan sabar sampai anda di undang, biasanya dengan disebutkan nama depan anda.
    ~ Orang Italia sangat tertarik pada kesan pertama, oleh karena itu penting sekali membuat kesan yang baik dan menunjukkan rasa hormat saat menyapa orang Italia, khususnya pertama kali berkenalan.
    ~ Sebagian besar orang Italia mempergunakan kartu nama dalam berhubungan sosial. Bentuknya lebih lebar dari kartu bisnis tradisional yang didalamnya tercantum nama, alamat, gelar atau titel akademis dan nomor telepon.
    ~ Jika anda tinggal di Italia untuk periode waktu yang tertentu, sebaiknya anda mempunyai kartu nama (sosial). Jangan pernah memberikan kartu nama bisnis dalam berhubungan sosial.
* Etika memberi bingkisan atau hadiah

Yang perlu diperhatikan jika anda akan memberi hadiah atau bingkisan pada orang atau keluarga Italia, bahwa hadiah atau bingkisan anda akan langsung dibuka begitu diterima.
    ~ Jangan memberikan bunga chrysanthemum, karena orang Italia menggunakannya dalam upacara pemakaman.
    ~ Jangan memberi bunga berwarna merah yang berarti sebuah kerahasiaan. Jangan pula membawa bunga yang berwarna kuning, karena bermakna kecemburuan
    ~ Jika membawa anggur pastikan merk dan kualitasnya, kualitas lebih di utamakan daripada kuantitas.
    ~ Jangan membungkus hadiah atau bingkisan dengan warna hitam yang bermakna duka, sedangkan untuk warna ungu bermakna kesialan.
* Etika menghadiri undangan perjamuan

Ketika anda mempunyai relasi, teman, atau bahkan hubungan saudara dan mereka memberi anda sebuah undangan. Berikanlah waktu untuk menghadirinya, tentu dengan memperhatikan beberapa hal berikut :
    ~ Bila dalam undangan menyatakan pakaian yang dikenakan harus informal, maka kenakanlah pakaian yang stylish dan mengesankan masih agak formal, tak lupa jaket dan berdasi bagi pria. Sementara bagi wanita kenakanlah gaun yang elegan.
    ~ Ketetapan waktu tidaklah mengikat, apabila anda diundang bisa saja datang agak terlambat 15 sampai 30 menit bukanlah hal yang penting. Yang terpenting adalah anda tetap hadir.
    ~ Jika anda bermaksud menghadiri undangan minum untuk kudapan (biasanya anggur, bukan minum teh), bawalah hadiah berupa anggur atau coklat yang dibungkus rapi.
    ~ Jika anda ingin menghadiahi bunga untuk tuan rumah, pastikan bahwa bunga dikirimkan dan sampai hari itu juga.
* Etika Perjamuan

Dalam budaya orang Italia saat anda diundang makan pada sebuah pesta perjamuan maupun jamuan secara personal. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah diantaranya :
    ~ Tetaplah berdiri sebelum dipersilahkan duduk, anda akan ditunjukkan dimana anda harus duduk.
    ~ Tata cara umumnya adalah letak garpu dikiri dan pisau dikanan.
    ~ Ikuti tuan rumah, tuan rumah duduk dahulu, mengambil makan terlebih dahulu dan ketika selesai tuan rumahlah yang pertama bangkit dari tempat duduk.
    ~ Toast atau bersulang untuk merayakan sesuatu, dilakukan pertama oleh tuan rumah. Wanita tetap diperbolehkan untuk melakukan toast.
    ~ Jangan sekali-kali mengambil makanan selagi dipiring anda masih ada makanan, jika ingin mengambil keju pakailah pisau jangan menggunakan jari anda.
    ~ Di perbolehkan menyisakan makanan pada piring, seandainya anda sudah merasa tak mau makan lagi.
    ~ Jika anda sudah tidak mau lagi minum anggur, tinggalkan gelas anda dalam keadaan penuh.
Mengenal tentang bangsa Italia 2 Mengenal tentang bangsa Italia 2 Reviewed by TABUH GONG on 12:28:00 Rating: 5

13 comments:

  1. lain tempat lain pula tata caranya

    ReplyDelete
  2. ya bener mas, lain ladang lain belalang lain lubuk lain ikannya.

    ReplyDelete
  3. wah,,,mas bro ini udah membahasa negara kesukaan saya(pizza).Italia is my favorit country :)

    ReplyDelete
  4. @ Gank-zone ## terimakasih sob, memang lebih baik mencintai budaya sendiri..

    ReplyDelete
  5. @abed saragih => wah pas banget ya sob, trims atas kunjungannya

    ReplyDelete
  6. wah interest banget gw baca tentang italy, semakin penasaran dan pengen banget kesana, untung ada pizza jadi ga repot klo mau makanan khas italy hehe.. *duh jadi laper

    ReplyDelete
  7. pernah ke Italy, kota mana? saya beruntung aja bisa punya beberapa teman dari roma. mereka tu lucu abis, kalo bisa dibilang ramah SUPER dan heboh abis.....

    ReplyDelete
  8. penting nih buat etika jika bertemu orang italia.
    kita suka mengabaikan. hal seperti ini padahal bakalan menjadi kunci pergaulan.

    ReplyDelete
  9. Sangat menarik tradisi orang itali dalam pergaulan ya gan

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.