HELLS ANGELS klub motor terbesar



Sumber gambar www.history.co.uk

Beberapa waktu yang lalu di Australia terjadi bentrokan antar kelompok geng yang melibatkan Hells Angels. Di dalam bentrokan tersebut memakan korban salah seorang anggota Hells Angels cabang Australia tewas terkena tembakan. Hells Angels nama yang lebih populer dari nama asli klub motor H.A.M.C, singkatan dari Hells Angels Motorcycle Club adalah sebuah klub motor yang mendunia. Berpusat di Amerika dan hampir punya cabang di sebagian besar kota-kota di Amerika. Untuk diluar negri ada di lebih dari 30 negara, cabang pertama di luar negri dibentuk di Auckland, Selandia Baru pada tahun 1961.

Kendati ketenaran nama Hells Angels dalam sejarah panjangnya, ada banyak hal tentang para anggota-anggotanya yang tetap terselimuti kabut misteri. Sejarah geng dan keanggotaannya adalah topik yang suram untuk dibicarakan. Dan apa yang terjadi di tempat mereka singgah atau dalam tenda-tenda mereka dan juga sepanjang jalan yang mereka lalui, tetaplah ada disana. Hanya kemauan para Angels yang tahu, ini bukan tentang gaya hidup tapi inilah sebuah jalan hidup.


The Hells Angels Motorcycle Club dibentuk di Fontana, California 1948. Pada waktu itu ketika pihak militer Amerika kelebihan motor pada masa damai pasca perang dunia II dan mudah dijangkau. Dan para veteran perang dunia II mulai bosan dan gatal untuk melakukan petualangan mendapat angin. Seorang veteran bernama Otto Friedly mulai membentuk kelompok pengendara motor sendiri, setelah berseteru dengan kelompoknya the pissed off bastard. Kelompok baru itu diberi nama Hell's Angels (masih memakai apostrophe). Nama Hell's Angels sendiri merupakan moniker terkenal untuk skuadron pesawat pembom Angkatan Udara Amerika pada perang dunia I & II. Sesuai juga dengan judul sebuah film yang dibintangi Howard Hughes tentang Angkatan Udara yang populer waktu itu.


Budaya pop membantu menopang ketenaran geng ini menjadi sebuah ikon baru pada masa itu. Khususnya saat film Marlon Brando tahun 1954 "The wild one & hunter" dibuat dan di putar. Penulis skenarionya sempat menghabiskan waktu setahun bersama geng Hells Angels di utara California.
Geng itu mengatakan setiap anggota Hells Angels berkendara sejauh 20.000 mil setahun. Dan selalu menggunakan motor Harley Davidson. Para anggotanya masih mengacu pada diri mereka sendiri sebagai "one percenters" - selama setengah abad - sia sia mengatakan satu persen para pembuat onar, menjadikan nama mereka buruk dari 99 % para rider lainnya yang saling menghormati.


Tetap saja para Angels ini punya reputasi yang buruk pada klub tempat hiburan yang mereka singgahi. Sebagai organisasi yang dekat dengan kejahatan, mereka merasa tidak layak mendapat sebutan itu. Pada waktu tertentu mereka mengadakan kegiatan sosial, diantaranya kegiatan amal untuk anak-anak kurang mampu dan para veteran. Slogan yang tertulis pada bagian bawah website mereka "when we do right nobody remembers, when we do wrong nobody forgets". Yang kurang lebih berarti, "ketika kami berbuat baik tak ada yang ingat, ketika kami berbuat kesalahan tak ada yang melupakannya".


Masih banyak anggota Hells Angels telah jelas meninggalkan kehidupan tanpa hukum, namun 'image' tentang mereka tak bisa hilang begitu saja. Masuk tahanan mengedarkan obat bius, kepemilikan senjata api ilegal, penyerangan bahkan pembunuhan telah terjejak oleh geng ini dalam beberapa dekade sejarahnya. Yang menjadi tanda tanya besar sewaktu Hells Angels dituduh mencoba membunuh mega bintang rock Mick Jagger tahun 1969, pada acara konser di California (kejadian tersebut sebagian terekam dalam film dokumenter tentang Rolling Stones 1970). Sejalan dengan mengamuknya seorang anggota H.A.M.C pada Altamont Speedway, dimana konser itu dilaksanakan. Juru bicara Rolling Stones sangat mengkritik keras tindakan seorang anggota Hells Angels. Setelah seorang pengendara motor menikam seorang penonton konser hingga tewas. Pembunuhan tersebut diakui sebagai usaha pembelaan diri dan tuduhan akhirnya dicabut.

Sementara di seberang lautan bertahun kemudian anggota Hells Angels di Skandinavia terlibat penyerangan dengan menggunakan senjata mesin (tahun 1990), peluncur roket dan granat dan mengakibatkan belasan orang menjadi korban. Ada juga peristiwa terbunuhnya tiga orang anggota HA di sebuah bar di Nevada. Bentrok antara Hells Angels melawan geng saingan, Mongol Gang dan masih banyak lagi. Dari semua kejadian tersebut para Angels mengatakan mereka hanyalah "one percenters".


Hells Angels dapat dikenali dari jaket denim dan kulit yang berlogo tengkorak bersayap berwarna kuning, berinisial H.A.M.C. Terdapat pula tulisan angka 81 tertera disana. Angka 81 tersebut berarti abjad ke 8 yaitu H dan abjad pertama, A. Seperti tentara yang bangga dengan emblem dan logo yang ada pada seragam mereka, begitu juga para anggota H.A.M.C. Mereka juga menambahkan berbagai logo tambahan pada jaket mereka yang berhubungan dengan kedudukan mereka dalam kelompok. Arti sebenarnya dari tanda tersebut hanya sesama merekalah yang tahu, para Angels dapat saling mengenal dari mana dan jalan apa mereka berasal.
Sampai saat ini gang Hells Angels masih eksis, ada semacam ritual khusus dalam regenerasi. Dan pada musim panas setiap tahunnya mereka mengadakan festival, untuk tempat selalu berganti bahkan pernah di adakan di luar Amerika.(dikutip dari berbagai sumber)
HELLS ANGELS klub motor terbesar HELLS ANGELS  klub motor terbesar Reviewed by TABUH GONG on 17:08:00 Rating: 5

15 comments:

  1. benar-benar geng motor yg mendunia...

    ReplyDelete
  2. Dan panjang sejarahnya sob..

    ReplyDelete
  3. geng motor memang ada di mana-mana..termasuk di Indonesia

    ReplyDelete
  4. ya memang begitu gara2 satu orang yang anrkis akhirnya semua terkena imbasnya.. yang baik ikut jelek..

    ReplyDelete
  5. @ didin => yaah demikianlah
    @ I love => thanks
    @ haryanto => thanks juga

    ReplyDelete
  6. Yee bukan sob, ini bukan geng cewe. Ada juga ceweknya pasti

    ReplyDelete
  7. semoga genk motor kita aman selalu,, aparat dapat mengendalikannya..

    damai selalu negeriku


    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  8. Link Sobat sudah terpajang manis di bLog Ane,,,
    Silahkan dicek di sidebar / widget bLog Sobat Ane...
    Thanks atas kerjasamanya,,, Salam Blogger, :)

    ReplyDelete
  9. masuk indonesia udah dikrouok duluan.. :D

    ReplyDelete
  10. @ sang pembelajar => trims sobat
    @ afanibnu >> yah gak tau deh ??

    ReplyDelete
  11. Nice info bro.. I'm Harley riders too..
    Tapi kalo di Indonesia,, kita semua satu bikers. Gak peduli Harley, Jap's Motorcycles, or British. Gak peduli dari HDCI, HOG, MACI, MBC, IMBI, outlaw bikers, chopperist, atau apalah.
    Kita semua satu jiwa.
    Itu pesen dari om Indro Warkop. :)

    ReplyDelete
  12. ya gank asal tidak brutal sih boleh2 aja tapi dari namanya kok seram ya penjaga neraka

    ReplyDelete
  13. numpang baca baca gan..artikelnya menarik..mantap

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.