AL CAPONE sejarah singkat (27)

Two-Gun Hart
James Vicenzo Capone

Al Capone punya saudara tertua, James Vicenzo Capone, ia telah pergi meninggalkan rumah di Brooklyn pada umur 16 tahun pada 1908. Dengan kemauan dan tekad kuat sebagai anak yang merasakan dunia luas, ia ingin lepas dari keramaian kota dan pergi ke daerah barat untuk mencari kehidupan lebih baik. Kuat dan berotot serta mempunyai tekad, ia menemui hal baru dalam hidupnya. Sebuah wawasan dalam dunia yang keras, ia kemudian bergabung dengan kelompok sirkus dan berkelana sepanjang wilayah barat. Untuk pertama kalinya ia bertemu dengan orang-orang Indian dan mulai terpesona dengan budayanya.

       Dia juga sempat menjadi tentara, mengangkat senjata dengan prestasi yang lumayan bagus pada perang dunia I. Ketika pecah perang dunia I ia dikirim ke Perancis bersama pasukan ekspedisi Amerika, ia mempunyai reputasi baik dan menjadi sempurna tatkala pangkatnya dipromosikan menjadi letnan. Dia satu-satunya anggota keluarga Capone yang ikut serta dalam perang dunia I. Sejak keluarganya pindah dari Brooklyn dan tak mengetahui tentang keberadaannya sebagai tentara, mulai saat itu James kehilangan kontak dengan keluarganya.

     Setelah perang usai ia pergi ke Nebraska dan tinggal disebuah kota kecil yang bernama Homer pada 1919. Di kota itu ia menyelamatkan seorang wanita, Katleen Winch, dan keluarganya dari banjir besar. Pendek kata, James Vicenzo Capone yang mengaku bernama Richard Hart akhirnya menikah. Mereka membangun keluarga baru sebagai orang biasa di Homer, tapi jiwa petualangan Hart membutuhkan pelampiasan.

      Ketika UU Pelarangan miras diberlakukan pada 1920, Hart melihat peluang mendapat pekerjaan yang menarik. Dimana kemampuan dan ketrampilannya sebagai veteran perang dunia I, menjadi sangat berguna. Dia diterima menjadi opsir penegak UU Pelarangan miras.

     Sangat kebetulan di saat saudaranya, Al Capone sedang merintis usaha bisnis penyeludupan miras di Chicago. Abangnya yang tertua bekerja sebagai opsir yang memberantas perdagangan ilegal tersebut di Nebraska. Sebagai seorang petugas yang konsisten, ia berhasil menjaga wilayahnya dari hal-hal yang melanggar hukum. Secara sigap berhasil menangkap dan memenjarakan para pencuri dan penjahat diwilayahnya.

     Ketenaran namanya sebagai penegak hukum yang meningkat, membuat Hart diperbantukan oleh Badan Reservasi bagi orang Indian di Amerika, untuk menghilangkan alkohol dari wilayah reservasi. Hart dan Katleen yang dikaruniai 4 anak, tinggal diantara banyak suku-suku Indian seperti Sioux dan Cheyene. Pada kasus ini, Hart dan keluarganya banyak mempelajari tentang suku-suku Indian, mengenai budaya dan bahasa mereka. Beberapa pertemuan dengan kepala-kepala suku Indian sebagai bentuk pendekatan pada mereka. Kebiasaan baiknya dan kemampuan menggunakan serta mengutak-atik senjata, membongkar kemudian merakitnya kembali. Menyebabkannya dijuluki "Two-Gun Hart" oleh orang-orang Indian dalam reservasi.

    Pada suatu waktu di wilayah Midwest, surat-surat kabar memberitakan tentangnya, pada headline tertulis "Two-Gun Hart menangkap si-A". Ada pula yang menulis "Two-Gun Hart berhasil membawa para penjahat ke penjara".
Pada titik ini, Two-Gun Hart telah menjadi "pengawal kebijakan" Presiden Calvin Coolidge. Sementara adik-adiknya Al dan Ralph Capone mengisi halaman surat-surat kabar dengan berita yang berlawanan.


       Hart melanjutkan karier cemerlangnya sebagai seorang penegak hukum sampai masa UU Pelarangan miras tidak lagi diberlakukan. Selanjutnya dia diangkat menjadi Marshal di Homer, Nebraska, kota tempat tinggal istrinya. Hart adalah kepala keluarga yang berdedikasi tinggi, ia mengajarkan pada anak-anaknya tentang banyak hal. Sering mereka menghabiskan waktu dengan berburu bersama atau berolahraga bersama. Dan tetap merahasiakan identitas sebenarnya sampai mereka tumbuh dewasa.

     Pada akhirnya di awal 1940an ia mendapat kontak dari keberadaan keluarganya di Chicago. Two-Gun Hart bertemu dengan Ralph dan John Capone di Sioux, Iowa. Selanjutnya ia pergi ke Chicago untuk menjenguk ibunya, Theresa. Ketika pulang, Hart mengatakan semuanya pada istrinya, Katleen, dan anak-anaknya siapa dan latar belakangnya. Dan juga mengatakan bahwa ia adalah saudara tua dari Al Capone.


     Beberapa kali keluarga Two-Gun Hart mengalami masalah keuangan, dan selalu adiknya, Ralph membantu mereka dengan memberikan cek. Pada tahun 1946, Two-Gun Hart memberi ijin kepada Harry Hart untuk dapat mengunjungi pamannya, Al Capone di Wisconsin. Dimana setelah bebas dari Penjara penyakit neurosyphilis bertambah parah, Al dirawat dirumah sakit. Two-Gun Hart berpesan pada Harry agar jangan terlalu dekat dengan pamannya ketika sedang mengunjungi Al Capone. Dua bersaudara hidup dalam dua dunia yang berbeda, Hart tak mau anaknya sampai terpengaruh oleh sebuah karakter buruk dari Al Capone.

      Pada 1952, Two-Gun Hart mendapat serangan jantung, di rumahnya Di Homer, Nebraska, Katleen dan Harry berada disampingnya. Sementara Richard Hart Jr. anak tertuanya telah meninggal ketika turut berperang dalam Perang dunia II dan dua anak laki-lakinya yang lain sedang berada di rumah pamanya di Wisconsin.


     Sepertinya sulit dipercaya bahwa dua bersaudara, Richard Hart dan Al Capone, bagaimana bisa mereka dapat hidup pada sisi yang berlawanan dalam hukum. Dalam kesuksesan mereka, persaudaraan, kesamaan terlihat jelas. Kepandaian, inisiatif, keberanian dalam mengambil resiko, kemauan keras, keyakinan dan ketekunan. Kemampuan memimpin dan membujuk orang lain. Sungguh aneh hukum ditanah Amerika, UU Pelarangan miras membawa efek pada masa depan kedua bersaudara ini.


26 - - 28
AL CAPONE sejarah singkat (27) AL CAPONE sejarah singkat (27) Reviewed by TABUH GONG on 11:02:00 Rating: 5

17 comments:

  1. Memang, ada banyak banget saudara yang sifatnya berlawanan..

    bahkan anak kembar sekalipun ^^

    ReplyDelete
  2. sampe pegel ane bacanya, gan...
    lhoalaahh ternyata ini bagian 27 gitu?
    weww

    ReplyDelete
  3. @ Deadrisky => yaah emang bacanya sambil berdiri ..Haaha
    okelah trims ya dah ngasih komen, banget

    ReplyDelete
  4. Cerita ini memang menarik. Dua saudara memiliki sifat yang berbeda dan berlawanan....

    ReplyDelete
  5. bisa menambah wawasan
    link sudah terpasang
    cek ya
    visit back

    ReplyDelete
  6. @ Harun Ar => terimakasih atas kritiknya pak guru.
    @ Royan Sableng =>ok sobat siap meluncur ke TKP.

    ReplyDelete
  7. . . waduch,, butuh berjam^ nich untuk nimbrunk disini. he..86x. oia follow sukses. ditunggu follback nya kawan . .

    ReplyDelete
  8. @ Mahadifa == OMG akhirnya ketemu juga, seneng dong

    ReplyDelete
  9. wah ada yang ganti tempelate nih kayaknya :D
    ijin nyimak lanjutan lanjutan yang kemarin mas :)

    ReplyDelete
  10. Kujungan balik Sob. Salam kenal dan salam berbagi.

    ReplyDelete
  11. oke..ditunggu kelanjutan kisah-nya alcapone :)

    ReplyDelete
  12. saya jadi paham, kenapa di film2 barat itu kok sering menyebut nama ini.. :)

    ReplyDelete
  13. postingan menarik ,.. nama unik untuk al-capone


    Kunjungan blogwalking.
    Sukses selalu..
    kembali tak lupa mengundang juga rekan blogger
    Kumpul di Lounge Event Blogger "Tempat Makan Favorit"

    Salam Bahagia

    ReplyDelete
  14. kayaknya tokoh hebat nih
    kenapa gak terkenal ya?

    ReplyDelete
  15. like it dulu dah... mo baca langsung kok banyak ya....makasih...

    ReplyDelete

Link Video Lucu
Silahkan di Like jika suka atau Dislike jika tidak suka.
Lihat disini : https://youtu.be/lYCq6aAXCJ0

.